Ramalan Jayabaya 2024: Ini Ciri-Ciri Ratu Adil yang Akan Memimpin Indonesia ke Masa Emas

ZAJ By ZAJ
4 Min Read
Ramalan Jayabaya 2024: Ini Ciri-Ciri Ratu Adil yang Akan Memimpin Indonesia ke Masa Emas
Ramalan Jayabaya 2024: Ini Ciri-Ciri Ratu Adil yang Akan Memimpin Indonesia ke Masa Emas

jfid – Ramalan Jayabaya adalah sebuah kumpulan nubuat yang konon ditulis oleh Prabu Jayabaya, raja Kerajaan Kediri pada abad ke-12.

Ramalan ini banyak dikenal di kalangan masyarakat Jawa dan dianggap sebagai pedoman untuk memahami masa depan Nusantara.

Salah satu ramalan Jayabaya yang paling terkenal adalah tentang kemunculan Ratu Adil, seorang pemimpin yang akan membawa keadilan dan kemakmuran bagi rakyat.

Namun, siapakah sebenarnya Ratu Adil itu? Apakah ia sudah muncul atau masih menanti saatnya? Apakah ia memiliki ciri-ciri tertentu yang bisa dikenali?

berikut ini adalah beberapa informasi yang dapat membantu kita untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Ciri-Ciri Ratu Adil Menurut Ramalan Jayabaya

Dalam Kitab Musarar, salah satu sumber ramalan Jayabaya, disebutkan bahwa Ratu Adil adalah keturunan dari Prabu Brawijaya V, raja terakhir Majapahit yang masuk Islam.

Selain itu, dalam Sabdo Palon, sebuah kitab yang mengisahkan tentang perjumpaan antara Prabu Brawijaya V dengan Sunan Kalijaga dan dua penasihatnya, Sabdo Palon dan Nayagenggong, disebutkan bahwa Ratu Adil adalah keturunan dari Sabdo Palon.

Sabdo Palon sendiri adalah seorang tokoh mistis yang diyakini sebagai reinkarnasi dari Batara Wisnu, dewa pemelihara alam semesta.

Selain itu, Ratu Adil juga memiliki nama atau gelar yang berhubungan dengan api atau cahaya. Hal ini sesuai dengan ramalan Jayabaya yang berbunyi:

“`
Sira Ratu Adil ing tanah Jawi
Sira ingkang sinungkalan

“`
Terjemahan bebasnya adalah:

“`
Engkau Ratu Adil di tanah Jawa
Engkau yang terbakar

“`

Menurut beberapa penafsir, kata “terbakar” di sini bisa diartikan sebagai memiliki semangat yang tinggi, memiliki kecerdasan yang luar biasa, atau memiliki nama yang berhubungan dengan api atau cahaya.

Kandidat Ratu Adil di Tahun 2024

Mengingat tahun 2024 adalah tahun pemilihan presiden di Indonesia, banyak spekulasi yang muncul tentang siapa sosok yang akan menjadi Ratu Adil yang diramalkan Jayabaya. Beberapa nama yang sering disebut-sebut adalah:

– Ganjar Pranowo: Gubernur Jawa Tengah yang namanya memiliki huruf “Ga” yang sesuai dengan ramalan Noto Nogoro atau Nata Niagara, yaitu sebuah ramalan Jayabaya yang menyebutkan bahwa presiden Indonesia akan memiliki nama yang berurutan No, To, No, Go, dan Ro. Selain itu, Ganjar juga dikenal sebagai sosok yang ramah, cerdas, dan tegas dalam memimpin daerahnya.
– Prabowo Subianto: Ketua Umum Partai Gerindra yang namanya memiliki huruf “Ro” yang juga sesuai dengan ramalan Noto Nogoro. Prabowo juga memiliki keturunan dari raja-raja Nusantara, yaitu dari ayahnya yang merupakan cucu dari Sultan Hamengkubuwono IX dan dari ibunya yang merupakan cicit dari Sultan Mahmud Badaruddin II. Prabowo juga memiliki nama yang berhubungan dengan api, yaitu “Subianto” yang berarti “api yang besar”.
– Anies Baswedan: Gubernur DKI Jakarta yang namanya memiliki huruf “An” yang merupakan singkatan dari “Api Nusantara”, yaitu sebuah ramalan Jayabaya yang menyebutkan bahwa Ratu Adil akan memiliki nama yang berhubungan dengan api dan Nusantara. Anies juga memiliki keturunan dari Sabdo Palon, yaitu dari kakeknya yang bernama Raden Mas Soerjopranoto, yang merupakan keturunan ke-17 dari Sabdo Palon. Anies juga memiliki nama yang berhubungan dengan cahaya, yaitu “Baswedan” yang berarti “cahaya matahari”.

Kesimpulan

Ramalan Jayabaya 2024 adalah sebuah topik yang menarik untuk dibahas, karena berkaitan dengan masa depan Indonesia.

Meskipun ramalan ini tidak bisa dianggap sebagai sesuatu yang pasti, namun kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari ramalan ini, yaitu bahwa kita harus selalu berusaha untuk menjadi pemimpin yang adil, bijaksana, dan berintegritas bagi bangsa dan negara.

Share This Article