Ramadan Berkah: Inilah Resep Buka Puasa Sunnah Rasul yang Lezat

Toropak By Toropak
3 Min Read
Ramadan Berkah: Inilah Resep Buka Puasa Sunnah Rasul yang Lezat
Ramadan Berkah: Inilah Resep Buka Puasa Sunnah Rasul yang Lezat

jfid – Buka puasa merupakan momen yang penuh keberkahan, dan mengikuti sunnah Rasulullah dalam memilih makanan untuk berbuka adalah cara yang baik untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa resep lezat yang sesuai dengan sunnah Rasul untuk merayakan keberkahan berbuka puasa.

Salah satu resep yang dapat kita coba adalah kurma dan air putih sebagai buka puasa pertama, mengikuti langkah-langkah sederhana yang diajarkan oleh Rasulullah.

Kurma memberikan energi instan, sementara air putih membantu menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa.

Selanjutnya, hidangan utama dapat terdiri dari bubur lambuk, yang merupakan hidangan khas Melayu yang telah dikenal oleh Rasulullah.

Bubur lambuk biasanya disajikan dengan campuran daging, sayuran, dan rempah-rempah, menciptakan cita rasa yang lezat dan gizi yang seimbang.

Tak lupa, tambahkan sup atau kaldu yang ringan sebagai hidangan pembuka untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Rasulullah seringkali memulai berbuka puasa dengan makanan cair seperti sup untuk menghindari kelelahan lambung.

Sebagai hidangan penutup, kita dapat menyajikan buah-buahan segar, seperti kurma dan buah delima, sebagaimana disarankan dalam hadis-hadis yang meriwayatkan kebiasaan Rasulullah.

Dengan mengikuti resep-resep ini, kita tidak hanya memanjakan lidah dengan hidangan lezat, tetapi juga menghidupkan kembali tradisi sunnah Rasulullah dalam berbuka puasa.

Selain hidangan-hidangan tersebut, ada beberapa anjuran lainnya dari sunnah Rasul yang bisa kita terapkan saat berbuka puasa.

Misalnya, memulai berbuka dengan memakan buah kurma secara berjumlah ganjil, sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad.

Hal ini tidak hanya memiliki nilai nutrisi yang baik, tetapi juga mengikuti anjuran dalam menjaga adab makan.

Rasulullah juga menekankan pentingnya bersyukur dalam berbuka puasa.

Oleh karena itu, sambil menikmati hidangan, kita bisa memperkuat rasa syukur dengan berdoa dan mengingat nikmat-nikmat Allah yang diberikan kepada kita.

Untuk menjaga kesehatan, sunnah Rasul juga mengajarkan untuk tidak berlebihan dalam makan.

Mengutamakan hidangan yang seimbang, serta menghindari kelebihan dan pemborosan, merupakan nilai-nilai yang dapat kita terapkan dalam persiapan dan konsumsi makanan berbuka puasa.

Dengan menyatu antara kenikmatan hidangan lezat dan penerapan sunnah Rasulullah, kita dapat menjadikan momen berbuka puasa sebagai kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah, meningkatkan kesadaran spiritual, dan menjaga keseimbangan dalam hidup sehari-hari.

Semoga artikel ini memberikan wawasan dan inspirasi positif dalam merayakan bulan suci Ramadan.

Share This Article