Kenapa Lumba-Lumba di Sungai Amazon Berwarna Pink?

ZAJ
By ZAJ
2 Min Read

jfid – Lumba-lumba sungai Amazon, yang juga dikenal dengan nama boto (Inia geoffrensis), adalah salah satu hewan paling menarik yang hidup di sungai terpanjang di dunia.

Hewan ini memiliki warna tubuh yang berbeda dari lumba-lumba lainnya, yaitu Pink.
Namun, warna pink ini bukanlah warna asli mereka, melainkan hasil dari proses perubahan warna seiring bertumbuh dewasa.

Lumba-lumba sungai Amazon adalah jenis lumba-lumba sungai terbesar, dengan panjang bisa mencapai 2,4 meter dan berat 160 kilogram. Mereka hidup di perairan yang bervariasi, mulai dari sungai utama hingga anak sungai dan banjir.

Mereka memiliki leher yang fleksibel, mata kecil, dan moncong panjang. Mereka juga memiliki sirip dorsal yang pendek dan lebar.

Warna pink pada lumba-lumba sungai Amazon masih menjadi misteri bagi para ilmuwan. Ada beberapa teori yang mencoba menjelaskan fenomena ini, seperti adaptasi dengan lingkungan, perubahan hormon, atau gesekan kulit.

Warna pink ini biasanya lebih mencolok pada jantan daripada betina. Warna pink juga bisa berubah tergantung pada suasana hati atau kondisi fisik mereka.

Lumba-lumba sungai Amazon adalah hewan yang cerdas dan sosial. Mereka sering berinteraksi dengan manusia dan hewan lainnya, termasuk ikan piranha dan belut listrik.

Mereka juga memiliki kebiasaan unik, seperti melompat keluar dari air atau mengeluarkan gelembung udara. Mereka juga memiliki sistem komunikasi yang kompleks, menggunakan suara, gerakan, dan sentuhan.

Sayangnya, lumba-lumba sungai Amazon menghadapi ancaman dari aktivitas manusia, seperti perburuan, pencemaran, perubahan iklim, dan pembangunan bendungan.

Populasi mereka diperkirakan menurun sekitar 10 persen setiap tahun. Oleh karena itu, perlindungan dan konservasi terhadap hewan ajaib ini sangat dibutuhkan agar mereka tidak punah.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

TAGGED:
Share This Article