Ide Desain Kamar Mandi Batu Alam Klasik Mewah dan Menenangkan

Ufik
By Ufik
7 Min Read
Ide Desain Kamar Mandi Batu Alam Klasik Mewah dan Menenangkan
Ide Desain Kamar Mandi Batu Alam Klasik Mewah dan Menenangkan

jfid – Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang penting di rumah. Selain berfungsi sebagai tempat membersihkan diri, kamar mandi juga bisa menjadi tempat relaksasi dan penyegaran pikiran. Oleh karena itu, mendesain kamar mandi dengan baik dan sesuai selera adalah hal yang perlu dilakukan.

Salah satu gaya desain kamar mandi yang populer dan banyak diminati adalah kamar mandi batu alam klasik. Gaya ini menghadirkan nuansa alami, elegan, dan mewah sekaligus.

Batu alam adalah material yang kuat, tahan lama, dan mudah dirawat. Selain itu, batu alam juga memiliki tekstur, warna, dan corak yang beragam, sehingga bisa menciptakan kesan estetis yang tinggi.

Namun, mendesain kamar mandi batu alam klasik tidak semudah membalik telapak tangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti pemilihan jenis batu alam, pemasangan, perawatan, hingga pencahayaan. Jika tidak dilakukan dengan benar, kamar mandi batu alam klasik bisa terlihat kusam, gelap, dan tidak nyaman.

Untuk membantu Anda mendapatkan kamar mandi batu alam klasik yang mewah dan menenangkan, berikut kami berikan beberapa tips dan inspirasi yang bisa Anda coba.

Tips Mendesain Kamar Mandi Batu Alam Klasik

Pilih jenis batu alam yang sesuai. Ada banyak jenis batu alam yang bisa digunakan untuk kamar mandi, seperti marmer, granit, andesit, kuarsit, batu kali, batu sungai, dan lain-lain. Setiap jenis batu alam memiliki karakteristik, kelebihan, dan kekurangan yang berbeda.

Pilihlah jenis batu alam yang sesuai dengan anggaran, ukuran, dan tema kamar mandi Anda. Misalnya, jika Anda ingin kamar mandi yang terlihat mewah dan bersih, Anda bisa memilih marmer atau granit yang memiliki warna dan corak yang halus. Jika Anda ingin kamar mandi yang terlihat alami dan eksotis, Anda bisa memilih andesit atau batu kali yang memiliki tekstur dan warna yang kasar.

Pasang batu alam dengan benar. Pemasangan batu alam harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Pastikan permukaan dinding dan lantai yang akan dipasang batu alam sudah rata dan bersih. Rendam batu alam terlebih dahulu sebelum direkatkan agar kelembapannya terjaga dan merekat lebih kuat.

Gunakan perekat khusus yang sesuai dengan jenis batu alam yang dipilih. Jaga jarak antara batu alam agar tidak terlalu rapat atau terlalu renggang. Gunakan nat atau semen untuk mengisi celah antara batu alam agar terlihat rapi dan tahan air.

Rawat batu alam dengan baik. Batu alam membutuhkan perawatan yang baik agar tetap awet dan indah. Bersihkan kamar mandi secara rutin dengan menggunakan kain lembut, air, dan sabun. Hindari penggunaan bahan kimia yang keras atau abrasif yang bisa merusak permukaan batu alam.

Lap kering batu alam setelah dibersihkan agar tidak berjamur atau berlumut. Lakukan pelapisan atau coating pada batu alam secara berkala agar warna dan kilapnya tetap terjaga.

Berikan pencahayaan yang cukup. Pencahayaan adalah salah satu faktor yang penting untuk mendukung keindahan kamar mandi batu alam klasik. Pencahayaan yang kurang bisa membuat kamar mandi terlihat gelap, pengap, dan suram.

Sebaliknya, pencahayaan yang cukup bisa membuat kamar mandi terlihat terang, luas, dan segar. Anda bisa memanfaatkan cahaya alami dari jendela atau atap kaca. Anda juga bisa menambahkan lampu-lampu yang sesuai dengan tema kamar mandi, seperti lampu gantung, lampu dinding, atau lampu LED.

Inspirasi Desain Kamar Mandi Batu Alam Klasik

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article