Fakta Bahwa MotoGP India 2023 Akan Menjadi Balapan Spektakuler?

ZAJ
By ZAJ
6 Min Read

jfid – MotoGP India 2023 akan menjadi seri ke-13 dari gelaran MotoGP 2023. Balapan ini akan digelar untuk pertama kalinya di Sirkuit Internasional Buddh, Uttar Pradesh, pada 22-24 September 2023. Balapan ini akan disiarkan secara langsung oleh TRANS7, stasiun televisi resmi MotoGP di Indonesia.

MotoGP India 2023 diharapkan menjadi balapan yang spektakuler, mengingat sirkuit Buddh memiliki karakteristik yang menantang dan unik. Sirkuit ini memiliki panjang 5,137 km, dengan 16 tikungan dan dua lurus panjang.

Sirkuit ini juga memiliki elevasi yang bervariasi, dengan ketinggian maksimum 14 meter dan minimum 8 meter.

Sirkuit Buddh juga memiliki sejarah yang menarik, karena merupakan sirkuit pertama di India yang menggelar balapan Formula 1 pada tahun 2011.

Sirkuit ini dirancang oleh arsitek terkenal Hermann Tilke, yang juga merancang sirkuit-sirkuit lain seperti Sepang, Shanghai, dan Istanbul.

Para pebalap MotoGP tentunya akan berusaha untuk mencatatkan nama mereka sebagai pemenang perdana di sirkuit baru ini.

Beberapa pebalap yang memiliki peluang besar untuk meraih kemenangan adalah Francesco Bagnaia, Fabio Quartararo, Joan Mir, dan Miguel Oliveira. Mereka saat ini berada di empat besar klasemen sementara MotoGP 2023.

“Bagnaia” merupakan pemimpin klasemen dengan 214 poin, unggul 48 poin dari Quartararo di posisi kedua. Pebalap Ducati ini baru saja meraih kemenangan dramatis di MotoGP San Marino 2023, setelah bertarung sengit dengan Marc Marquez. Bagnaia juga memiliki catatan bagus di sirkuit baru, karena ia pernah menang di MotoGP Portugal 2020.

“Quartararo” merupakan pebalap Yamaha tercepat saat ini, dengan lima kemenangan di musim ini. Pebalap Prancis ini juga memiliki kecepatan dan konsistensi yang tinggi, serta mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi lintasan. Quartararo juga pernah menang di sirkuit baru, yaitu MotoGP Doha 2021.

“Mir” merupakan juara bertahan MotoGP, yang masih berusaha mempertahankan gelarnya. Pebalap Suzuki ini memiliki gaya balap yang cerdas dan tenang, serta mampu mengoptimalkan performa motornya. Mir juga pernah menang di sirkuit baru, yaitu MotoGP Eropa 2020.

“Oliveira” merupakan pebalap KTM terbaik saat ini, dengan dua kemenangan di musim ini. Pebalap Portugal ini memiliki keahlian dalam mengatur strategi balap dan manajemen ban, serta mampu memanfaatkan kesempatan yang ada. Oliveira juga merupakan spesialis sirkuit baru, karena ia pernah menang dua kali di sirkuit baru, yaitu MotoGP Indonesia 2022 dan MotoGP Portugal 2020 .

Selain empat pebalap tersebut, ada juga beberapa pebalap lain yang berpotensi untuk mencuri poin atau bahkan podium di MotoGP India 2023.

Mereka antara lain adalah Marc Marquez, Jack Miller, Johann Zarco, Jorge Martin, Pol Espargaro, dan Alex Rins.

“Marquez” merupakan pebalap Honda terdepan saat ini, meskipun ia masih belum sepenuhnya pulih dari cedera lengan kanannya. Pebalap Spanyol ini masih memiliki insting balap yang tajam dan mental juara yang kuat. Marquez juga merupakan raja sirkuit baru, karena ia pernah menang tiga kali di sirkuit baru, yaitu MotoGP Amerika 2013, MotoGP Argentina 2014, dan MotoGP Thailand 2018.

“Miller” merupakan pebalap Ducati kedua terbaik saat ini, dengan dua kemenangan di musim ini. Pebalap Australia ini memiliki keberanian dan agresivitas yang tinggi dalam balapan, serta mampu mengambil risiko yang besar. Miller juga pernah menang di sirkuit baru, yaitu MotoGP Belanda 2016.

“Zarco” merupakan pebalap Pramac terbaik saat ini, dengan empat podium di musim ini. Pebalap Prancis ini memiliki kecepatan yang luar biasa, terutama di kualifikasi, serta mampu memaksimalkan potensi motornya. Zarco juga pernah menang di sirkuit baru, yaitu Moto2 Jepang 2015.

“Martin” merupakan pebalap Pramac kedua terbaik saat ini, dengan satu kemenangan dan dua podium di musim ini. Pebalap Spanyol ini merupakan rookie terbaik saat ini, dengan kemampuan adaptasi yang cepat dan talenta yang besar. Martin juga pernah menang di sirkuit baru, yaitu Moto3 Argentina 2017.

“Espargaro” merupakan pebalap KTM kedua terbaik saat ini, dengan satu podium di musim ini. Pebalap Spanyol ini memiliki pengalaman yang banyak dan semangat yang tinggi dalam balapan, serta mampu mengatasi kesulitan yang ada. Espargaro juga pernah menang di sirkuit baru, yaitu Moto2 Qatar 2013.

“Rins” merupakan pebalap Suzuki kedua terbaik saat ini, dengan satu podium di musim ini. Pebalap Spanyol ini memiliki teknik balap yang halus dan efisien, serta mampu bersaing dengan pebalap-pebalap top lainnya. Rins juga pernah menang di sirkuit baru, yaitu MotoGP Inggris 2019.

Dengan begitu banyak pebalap yang memiliki peluang untuk meraih kemenangan atau podium di MotoGP India 2023, balapan ini diprediksi akan menjadi balapan yang seru dan menegangkan.

Siapa yang akan menjadi pemenang perdana di sirkuit Buddh? Saksikan langsung balapan MotoGP India 2023 hanya di TRANS7!

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

TAGGED:
Share This Article