Etika Berbusana ke Acara Pernikahan: Tips Agar Tidak Menyinggung Pengantin dan Tamu Lain

Noer Halimah
3 Min Read
Etika Berbusana ke Acara Pernikahan: Tips Agar Tidak Menyinggung Pengantin dan Tamu Lain
Etika Berbusana ke Acara Pernikahan: Tips Agar Tidak Menyinggung Pengantin dan Tamu Lain

jfid – Pernikahan adalah momen yang penuh kebahagiaan dan keharmonisan. Namun, dalam upaya untuk merayakan momen istimewa ini, terdapat beberapa etika berbusana yang harus diperhatikan agar tidak mengganggu suasana dan tidak menyinggung pengantin serta tamu lainnya.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti agar Anda tampil dengan etis dan tetap elegan dalam menghadiri acara pernikahan.

Sesuaikan dengan Tema dan Dress Code

Sebelum memilih busana yang akan dipakai, pastikan untuk mengetahui tema dan dress code yang telah ditentukan oleh pengantin.

Informasi ini biasanya dapat ditemukan pada undangan atau dapat ditanyakan langsung kepada pihak yang bersangkutan.

Penting untuk menghindari kesalahan dalam penampilan dengan memakai pakaian yang tidak sesuai dengan suasana acara.

Hindari Warna Putih dan Hitam

Warna memainkan peran penting dalam memberikan kesan. Hindari penggunaan warna putih, yang identik dengan gaun pengantin wanita, serta warna hitam yang biasanya diasosiasikan dengan pakaian berkabung.

Kecuali ada permintaan khusus dari pengantin, sebaiknya pilih warna-warna netral atau pastel untuk tetap tampil anggun dan menghormati suasana pernikahan.

Jangan Terlalu Mencolok dan Ramai

Ketika memilih busana, pilihlah model yang menarik perhatian tanpa harus terlalu mencolok. Hindari pakaian yang terlalu ketat, terlalu pendek, terlalu transparan, atau berlebihan dengan aksesori.

Pilihlah pakaian yang sesuai dengan proporsi tubuh Anda, memberikan kesan elegan, dan tetap menjaga keanggunan.

Perhatikan Cuaca dan Lokasi

Selain tema dan dress code, perhatikan juga cuaca dan lokasi acara. Jika acara dilaksanakan di luar ruangan, pilihlah pakaian yang nyaman, ringan, dan sesuai dengan kondisi cuaca.

Di sisi lain, jika acara diadakan di dalam ruangan, pilih bahan yang tidak terlalu tipis atau terlalu tebal, agar Anda tetap merasa nyaman sepanjang acara.

Bawa Pakaian Cadangan

Penting untuk selalu bersiap menghadapi kejadian yang tidak terduga. Membawa pakaian cadangan menjadi langkah bijak untuk mengantisipasi tumpahan minuman, kerusakan pakaian, atau noda yang tidak diinginkan.

Pilihlah pakaian cadangan yang mudah dipakai dan tidak memerlukan banyak penyesuaian agar Anda tetap tampil prima sepanjang acara.

Dengan memperhatikan etika berbusana ini, Anda dapat menjalani acara pernikahan dengan nyaman dan percaya diri.

Penting untuk menghormati momen berharga ini dengan tampil anggun tanpa mengesampingkan kenyamanan Anda sendiri.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk memastikan kehadiran Anda memberikan kesan positif dalam acara pernikahan yang berlangsung.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article