Cara Hemat Biaya Renovasi Ruang Tamu, Tanpa Kurangi Estetika dan Fungsi!

Noer Halimah By Noer Halimah
6 Min Read
Cara Hemat Biaya Renovasi Ruang Tamu, Tanpa Kurangi Estetika dan Fungsi!
Cara Hemat Biaya Renovasi Ruang Tamu, Tanpa Kurangi Estetika dan Fungsi!

jfid – Ruang tamu adalah salah satu ruangan yang paling sering dikunjungi oleh tamu, keluarga, maupun penghuni rumah. Ruang tamu juga menjadi cerminan kepribadian dan selera pemilik rumah.

Oleh karena itu, merenovasi ruang tamu menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar ruang tamu tetap nyaman, indah, dan menarik.

Namun, merenovasi ruang tamu tidaklah murah. Ada banyak biaya yang harus dikeluarkan, mulai dari biaya membeli cat, furnitur, dekorasi, hingga biaya jasa renovasi. Bagaimana cara merenovasi ruang tamu dengan hemat biaya tanpa mengurangi estetika?

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk merenovasi ruang tamu dengan biaya minimal namun tetap menciptakan suasana yang menyenangkan.

Pikirkan Fungsi Ruang

Sebelum merenovasi ruang tamu, Anda harus memikirkan fungsi ruang tamu Anda.

Apakah ruang tamu Anda hanya digunakan untuk menerima tamu, atau juga digunakan untuk ruang keluarga, ruang kerja, atau ruang lainnya? Fungsi ruang tamu akan menentukan desain, furnitur, dan dekorasi yang sesuai.

Jika ruang tamu Anda memiliki fungsi ganda, Anda bisa memasang partisi ruangan yang portable, seperti rak buku, tirai, atau sekat kayu.

Partisi ruangan akan membantu Anda membagi ruang tamu menjadi beberapa zona sesuai kebutuhan, sekaligus menjadi elemen dekoratif yang menarik.

Pertimbangkan Kesukaan Anda

Ruang tamu adalah ruangan yang mencerminkan kepribadian dan selera Anda. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan kesukaan Anda dalam merenovasi ruang tamu.

Apakah Anda menyukai gaya minimalis, klasik, modern, atau lainnya? Apakah Anda menyukai warna-warna cerah, netral, atau gelap? Apakah Anda menyukai furnitur dan dekorasi yang simpel, elegan, atau unik?

Anda bisa mencari inspirasi dari berbagai sumber, seperti internet, majalah, atau teman.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli desain interior atau arsitek untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan ruang tamu Anda. Namun, Anda tetap harus menyesuaikan dengan anggaran dan kondisi ruang tamu Anda.

Mulai Sampling

Setelah Anda menentukan gaya, warna, furnitur, dan dekorasi yang Anda sukai, Anda bisa mulai sampling.

Sampling adalah proses mencoba berbagai pilihan sebelum membeli atau memasangnya. Sampling akan membantu Anda membandingkan dan menilai apakah pilihan Anda cocok dengan ruang tamu Anda.

Anda bisa melakukan sampling dengan berbagai cara, seperti meminta contoh cat, kain, atau bahan lainnya dari toko, mengunduh aplikasi desain interior yang bisa memvisualisasikan ruang tamu Anda, atau membuat sketsa atau maket ruang tamu Anda.

Sampling akan menghemat biaya Anda karena Anda bisa menghindari kesalahan atau penyesalan.

Cocokkan Warna dan Pola

Salah satu faktor yang mempengaruhi keindahan dan kenyamanan ruang tamu adalah warna dan pola. Warna dan pola yang cocok akan menciptakan harmoni dan kesan yang Anda inginkan.

Sebaliknya, warna dan pola yang tidak cocok akan membuat ruang tamu terlihat kacau dan tidak menarik.

Anda bisa memilih warna dan pola yang sesuai dengan gaya ruang tamu Anda.

Misalnya, jika Anda ingin ruang tamu yang terlihat luas dan cerah, Anda bisa memilih warna-warna pastel, putih, atau krem. Jika Anda ingin ruang tamu yang terlihat hangat dan nyaman, Anda bisa memilih warna-warna cokelat, oranye, atau merah.

Anda juga bisa memadukan warna dan pola yang berbeda, asalkan masih sesuai dengan tema ruang tamu Anda.

Misalnya, Anda bisa memilih wallpaper dan cat yang memiliki pola atau warna yang sama, atau Anda bisa memilih furnitur dan dekorasi yang memiliki warna atau pola yang kontras.

Yang penting, Anda harus menjaga keseimbangan dan keserasian antara warna dan pola.

Manfaatkan Barang Lama

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk merenovasi ruang tamu dengan hemat biaya adalah memanfaatkan barang lama.

Anda tidak perlu membeli furnitur atau dekorasi baru jika Anda masih memiliki barang lama yang masih layak pakai. Anda bisa memberi sentuhan baru pada barang lama Anda agar terlihat lebih segar dan menarik.

Anda bisa melakukan berbagai hal untuk memanfaatkan barang lama, seperti mengecat ulang, mengganti kain, menambahkan aksesori, atau mengubah fungsinya.

Misalnya, Anda bisa mengecat ulang meja kopi Anda dengan warna yang berbeda, mengganti kain sofa Anda dengan motif yang baru, menambahkan bantal atau karpet yang lucu, atau mengubah lemari lama Anda menjadi rak buku.

Dengan memanfaatkan barang lama, Anda bisa menghemat biaya pembelian furnitur atau dekorasi baru, sekaligus mengurangi limbah dan menjaga lingkungan. Anda juga bisa menyalurkan kreativitas dan hobi Anda dalam merenovasi ruang tamu.

Share This Article