Cara Ampuh Hilangkan Bau Kulkas Pake Bahan Alami, Gampang Banget!

Fahrur Rozi
6 Min Read
Cara Ampuh Hilangkan Bau Kulkas Pake Bahan Alami, Gampang Banget!
Cara Ampuh Hilangkan Bau Kulkas Pake Bahan Alami, Gampang Banget!

jfid – Kulkas adalah salah satu perabot rumah tangga yang sangat berguna untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap segar dan awet.

Namun, kulkas juga bisa menjadi sumber masalah jika tidak dirawat dengan baik.

Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah bau tak sedap yang menyebar dari dalam kulkas.

Bau tak sedap di kulkas bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti makanan yang busuk, bocor, atau tumpah, kelembaban yang tinggi, kurangnya sirkulasi udara, atau jarang dibersihkan.

Bau tak sedap ini tidak hanya mengganggu penciuman kita, tetapi juga bisa mempengaruhi rasa dan kualitas makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya.

Untuk mengatasi masalah ini, banyak orang yang menggunakan pewangi kulkas yang dijual di pasaran.

Namun, pewangi kulkas ini bisa mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu, pewangi kulkas juga tidak bisa menghilangkan bau secara permanen, melainkan hanya menutupinya dengan aroma lain.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau tak sedap di kulkas dengan aman dan efektif?

Ternyata, ada beberapa bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk membersihkan dan menyegarkan kulkas kita.

Bahan-bahan alami ini mudah didapatkan, murah, dan ramah lingkungan.

Berikut ini adalah beberapa tips hilangkan bau di kulkas dengan bahan alami, seperti dilansir dari The Foodellers.

  • Soda kue. Soda kue atau baking soda adalah serbuk putih yang biasa digunakan untuk membuat kue. Soda kue juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di kulkas, karena memiliki kemampuan menyerap bau dan memurnikan udara. Caranya, ambil saja gelas, isi dengan soda kue, dan letakkan di sudut kulkas. Ganti soda kue setiap dua minggu sekali.
  • Cuka. Cuka adalah cairan asam yang bisa digunakan untuk membersihkan berbagai benda di rumah, termasuk kulkas. Cuka bisa membunuh bakteri dan jamur yang menyebabkan bau tak sedap di kulkas. Caranya, ambil setengah gelas cuka putih, dan letakkan di kulkas. Cuka juga bisa digunakan untuk menyeka bagian dalam kulkas dengan kain basah.
  • Lemon. Lemon adalah buah yang kaya akan vitamin C dan memiliki aroma segar. Lemon bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di kulkas, karena memiliki daya serap yang tinggi. Caranya, potong lemon menjadi irisan, dan letakkan di mangkuk di kulkas. Ganti lemon setiap seminggu sekali.
  • Kentang. Kentang adalah umbi-umbian yang bisa dimakan dengan berbagai cara. Kentang juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di kulkas, karena bertindak sebagai penyerap. Caranya, kupas kentang, dan masukkan ke dalam kulkas. Ganti kentang setiap dua atau tiga hari.
  • Cengkeh. Cengkeh adalah rempah-rempah yang biasa digunakan untuk membuat masakan atau minuman. Cengkeh juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di kulkas, karena memiliki aroma yang khas dan kuat. Caranya, ambil lemon atau jeruk, potong menjadi dua, dan masukkan banyak cengkeh. Kemudian, letakkan jeruk di kulkas sampai mulai mengering.
  • Oatmeal. Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari gandum yang direbus. Oatmeal juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di kulkas, karena menyerap bau jika disimpan di kulkas. Caranya, sebarkan oatmeal di mangkuk aluminium atau keramik, dan letakkan di kulkas.
  • Biji kopi. Biji kopi adalah bahan utama untuk membuat kopi, minuman yang disukai banyak orang. Biji kopi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di kulkas, karena memiliki aroma yang harum dan menyenangkan. Caranya, sebarkan biji kopi di semua bagian kulkas.
  • Karbon aktif. Karbon aktif adalah bahan yang terbuat dari arang yang diproses dengan suhu tinggi. Karbon aktif juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di kulkas, karena memiliki pori-pori yang bisa menyerap bau dan kotoran. Caranya, ambil karbon aktif, taruh di mangkuk, dan letakkan di rak paling atas kulkas. Jika memungkinkan, letakkan karbon aktif di setiap rak untuk efek yang lebih cepat.
  • Vanili. Vanili adalah bahan yang digunakan untuk memberi rasa dan aroma pada kue atau es krim. Vanili juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di kulkas, karena memiliki aroma yang manis dan lembut. Caranya, rendam bola kapas dalam ekstrak vanili, tempatkan dalam mangkuk kecil, dan biarkan vanili mulai mengeluarkan baunya.

Itulah beberapa tips hilangkan bau di kulkas dengan bahan alami yang bisa kamu coba di rumah.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami ini, kamu bisa membuat kulkas kamu bersih, segar, dan bebas dari bau tak sedap. Selamat mencoba!

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article