Bikin Tamanmu Jadi Instagramable dengan Tanaman Berbunga Harum Ini!

Fahrur Rozi By Fahrur Rozi
4 Min Read
Bikin Tamanmu Jadi Instagramable dengan Tanaman Berbunga Harum Ini!
Bikin Tamanmu Jadi Instagramable dengan Tanaman Berbunga Harum Ini!

jfid – Taman adalah salah satu elemen penting dalam sebuah rumah.

Taman tidak hanya berfungsi sebagai tempat bersantai dan menikmati udara segar, tetapi juga sebagai sarana untuk mengekspresikan kreativitas dan selera estetika.

Salah satu cara untuk membuat taman lebih menarik dan indah adalah dengan menanam tanaman hias berbunga harum.

Tanaman hias berbunga harum memiliki banyak kelebihan.

Selain mempercantik tampilan taman dengan warna-warna cerah dan bentuk-bentuk unik, tanaman ini juga mampu mengeluarkan aroma yang menyegarkan dan menenangkan.

Aroma yang dihasilkan oleh tanaman hias berbunga harum bisa membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan memperbaiki kualitas tidur.

Namun, tidak semua tanaman hias berbunga harum cocok untuk ditanam di taman.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti iklim, kondisi tanah, intensitas cahaya, dan perawatan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi tanaman hias berbunga harum yang bisa kamu tanam di taman rumahmu.

  • Kacapiring. Tanaman ini juga dikenal dengan nama gardenia. Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih yang besar dan beraroma kuat. Tanaman ini cocok untuk iklim tropis dan subtropis, dan membutuhkan tanah yang subur dan lembab. Tanaman ini juga mudah tumbuh dan hanya perlu penyiraman rutin. Namun, tanaman ini perlu dipangkas secara berkala agar tidak menyebar ke mana-mana dan tetap rapi.
  • Melati. Tanaman ini adalah salah satu tanaman hias berbunga harum yang paling populer di Indonesia. Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih yang kecil-kecil dan beraroma manis. Tanaman ini bisa tumbuh di berbagai iklim dan kondisi tanah, asalkan mendapat cukup cahaya matahari. Tanaman ini juga tidak membutuhkan perawatan khusus, hanya perlu disiram dan dibersihkan dari gulma. Tanaman ini bisa ditanam di pot, di tanah, atau di pagar.
  • Mawar. Tanaman ini adalah salah satu tanaman hias berbunga harum yang paling elegan dan romantis. Tanaman ini memiliki bunga berwarna merah, pink, kuning, atau putih yang berbentuk indah dan beraroma lembut. Tanaman ini cocok untuk iklim sedang dan dingin, dan membutuhkan tanah yang gembur dan kaya nutrisi. Tanaman ini juga membutuhkan perawatan yang cukup intensif, seperti penyiraman, pemupukan, dan pemangkasan. Tanaman ini bisa ditanam di pot, di tanah, atau di trellis.
  • Lavender. Tanaman ini adalah salah satu tanaman hias berbunga harum yang paling eksotis dan aromatik. Tanaman ini memiliki bunga berwarna ungu yang berbentuk kerucut dan beraroma khas. Tanaman ini cocok untuk iklim kering dan sejuk, dan membutuhkan tanah yang kering dan berdrainase baik. Tanaman ini juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit, hanya perlu disiram sesekali dan dipangkas setelah berbunga. Tanaman ini bisa ditanam di pot, di tanah, atau di batu.

Itulah beberapa tanaman hias berbunga harum yang bisa kamu tanam di taman rumahmu.

Dengan menanam tanaman ini, kamu bisa membuat tamanmu lebih hidup, cantik, dan harum.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati manfaat aromaterapi dari tanaman ini, yang bisa membuatmu lebih rileks dan bahagia. Selamat mencoba!

Share This Article