Anda Tidak Akan Percaya Film James Bond Pertama Hanya Dibuat dengan Anggaran $1,1 Juta Saja!

Noer Huda
3 Min Read
Ilustrasi James Bond (jfid)

jfid – Dr. No adalah film mata-mata aksi yang disutradarai oleh Terence Young. Film ini adalah film pertama dalam seri James Bond, yang dibintangi oleh Sean Connery sebagai agen rahasia Inggris.

Film ini diadaptasi dari novel tahun 1958 dengan judul yang sama karya Ian Fleming, yang merupakan penulis dari seri buku James Bond.

Film ini diproduksi oleh Harry Saltzman dan Albert R. Broccoli, yang merupakan produser dari sebagian besar film James Bond hingga tahun 1975.

Film ini dirilis di Inggris pada tanggal 5 Oktober 1962 dan di Amerika Serikat pada tanggal 8 Mei 1963.

Dalam film ini, James Bond dikirim ke Jamaika untuk menyelidiki hilangnya seorang agen Inggris lainnya dan sekretarisnya.

Jejaknya membawanya ke markas bawah tanah Dr. Julius No, yang berencana untuk mengganggu peluncuran roket Amerika dari Cape Canaveral dengan senjata gelombang radio.

Film ini juga memperkenalkan organisasi kriminal SPECTRE, yang merupakan musuh utama James Bond dalam beberapa film berikutnya.

Film ini dibuat dengan anggaran rendah, yaitu sekitar $1,1 juta¹, tetapi berhasil mendapatkan keuntungan sebesar $59,5 juta.

Film ini mendapat reaksi kritik yang bercampur saat dirilis, tetapi seiring waktu mendapat reputasi sebagai salah satu film terbaik dalam seri James Bond.

Film ini juga melahirkan genre film mata-mata rahasia yang populer di tahun 1960-an. Film ini juga menyertakan adaptasi komik dan album soundtrack sebagai bagian dari promosi dan pemasarannya.

Banyak aspek dari film James Bond khas yang ditetapkan dalam Dr. No. Film ini dimulai dengan pengenalan karakter melalui pandangan laras senjata dan urutan judul utama yang sangat bergaya, keduanya dibuat oleh Maurice Binder.

Film ini juga memperkenalkan musik tema ikonik yang dikomposisi oleh Monty Norman. Desainer produksi Ken Adam menetapkan gaya visual yang rumit yang merupakan salah satu ciri khas dari seri film ini.

Dr. No adalah film yang penting dalam sejarah perfilman, karena menetapkan standar untuk genre mata-mata dan mempopulerkan karakter James Bond sebagai ikon budaya global.

Film ini juga menunjukkan kreativitas dan inovasi dari para pembuat film dalam menghadapi keterbatasan anggaran dan teknologi.

Film ini layak untuk ditonton dan dinikmati oleh para penggemar film mata-mata dan aksi.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article