8 Cara Sulap Teras Mungil Menjadi Spot Foto Instagramable 

Yumna fahira By Yumna fahira
7 Min Read
8 Cara Sulap Teras Mungil Menjadi Spot Foto Instagramable 
8 Cara Sulap Teras Mungil Menjadi Spot Foto Instagramable 

jfid- Teras rumah adalah bagian pertama yang dilihat orang ketika berkunjung ke rumah kita. Teras juga bisa menjadi tempat bersantai, berkebun, atau bahkan berfoto.

Namun, teras yang sempit dan berantakan tentu tidak menarik untuk dipandang, apalagi diabadikan dalam kamera. Bagaimana cara menyulap teras mungil menjadi spot foto Instagramable? Simak tips berikut ini! 

Bersihkan dan cat ulang tembok teras 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan teras dari barang-barang yang tidak perlu, seperti sampah, barang bekas, atau barang rusak.

Pisahkan barang-barang yang masih bisa digunakan, didonasikan, atau dibuang. Jangan biarkan teras penuh dengan barang yang mengganggu pandangan. 

Selain itu, cat ulang tembok teras dengan warna yang cerah atau netral, seperti putih, krem, atau abu-abu. Warna-warna ini bisa membuat teras terlihat lebih luas, bersih, dan segar.

Hindari warna-warna yang gelap atau terlalu mencolok, karena bisa membuat teras terlihat sempit dan suram. 

Tanam tanaman untuk suasana segar 

Tanaman adalah elemen penting untuk menciptakan suasana segar dan asri di teras. Tanaman juga bisa menambah oksigen, menyerap polusi, dan memberi kesan alami.

Kamu bisa menanam berbagai jenis tanaman, mulai dari pohon, tanaman hias, hingga tanaman gantung. 

Untuk peletakan tanaman, kamu bisa menaruhnya di sudut teras, di pinggir halaman, atau di dinding yang kosong.

Kamu juga bisa menggunakan pot, keranjang, atau rak untuk menempatkan tanaman. Pilih tanaman yang sesuai dengan kondisi teras, seperti cahaya, suhu, dan kelembaban.

Jangan lupa untuk merawat tanaman agar tetap sehat dan indah. 

Pilih perabot yang sesuai dengan gaya teras 

Perabot adalah perangkat yang bisa membuat teras lebih nyaman dan fungsional. Kamu bisa memilih perabot yang sesuai dengan gaya teras yang kamu inginkan, seperti minimalis, bohemian, atau rustic. Perabot yang bisa kamu gunakan antara lain kursi, meja, sofa, karpet, bantal, atau lampu. 

Pastikan perabot yang kamu pilih memiliki ukuran yang proporsional dengan luas teras. Jangan memilih perabot yang terlalu besar atau terlalu banyak, karena bisa membuat teras terlihat sesak dan berantakan.

Pilih perabot yang memiliki warna dan motif yang harmonis dengan warna tembok dan tanaman. 

Tambahkan aksesori untuk hiasan teras 

Aksesori adalah benda-benda kecil yang bisa menambah keindahan dan kesan pada teras. Aksesori bisa berupa bingkai foto, vas bunga, lilin, jam dinding, cermin, atau pajangan lainnya. Kamu bisa memilih aksesori yang sesuai dengan tema teras yang kamu pilih. 

Untuk menempatkan aksesori, kamu bisa menggantungnya di dinding, meletakkannya di meja, atau menyimpannya di rak.

Jangan menaruh aksesori terlalu banyak atau terlalu berantakan, karena bisa mengurangi estetika teras. Pilih aksesori yang memiliki fungsi dan makna, bukan hanya sekadar hiasan. 

Gunakan tirai atau payung untuk peneduh 

Teras yang terlalu terang atau terlalu panas bisa membuat kamu tidak nyaman berada di sana. Untuk itu, kamu bisa menggunakan tirai atau payung untuk memberi peneduh dan perlindungan dari sinar matahari. Tirai atau payung juga bisa memberi kesan hangat dan romantis pada teras. 

Kamu bisa memilih tirai atau payung yang memiliki warna dan bahan yang sesuai dengan gaya teras. Kamu juga bisa menyesuaikan tinggi dan lebar tirai atau payung dengan ukuran teras.

Jangan memilih tirai atau payung yang terlalu tebal atau terlalu tipis, karena bisa menghalangi cahaya atau angin. 

Pasang lampu untuk penerangan 

Lampu adalah sumber penerangan yang penting untuk teras, terutama di malam hari. Lampu juga bisa memberi efek dramatis dan artistik pada teras.

Kamu bisa memilih lampu yang memiliki bentuk, warna, dan intensitas yang sesuai dengan suasana teras. 

Kamu bisa memasang lampu di dinding, di langit-langit, di tanaman, atau di perabot. Kamu juga bisa menggunakan lampu hias, seperti lentera, lampu gantung, atau lampu tali.

Jangan memasang lampu terlalu banyak atau terlalu terang, karena bisa membuat teras terlihat silau atau berlebihan. 

Buat latar belakang yang menarik 

Latar belakang adalah bagian yang penting untuk membuat foto terlihat Instagramable. Latar belakang bisa berupa dinding, tanaman, perabot, aksesori, atau kombinasi dari semuanya.

Kamu bisa membuat latar belakang yang menarik dengan cara menghias, mencat, atau menempelkan sesuatu. 

Kamu bisa memilih latar belakang yang memiliki warna, motif, atau tekstur yang sesuai dengan tema teras.

Kamu juga bisa menambahkan unsur-unsur yang bisa membuat foto terlihat lebih hidup, seperti tulisan, gambar, atau bendera.

Jangan membuat latar belakang yang terlalu ramai atau terlalu polos, karena bisa mengurangi fokus foto. 

Atur sudut dan pencahayaan yang baik 

Sudut dan pencahayaan adalah faktor yang sangat berpengaruh pada hasil foto. Sudut yang baik adalah sudut yang bisa menampilkan keseluruhan teras atau bagian teras yang kamu inginkan.

Pencahayaan yang baik adalah pencahayaan yang bisa membuat teras terlihat jelas dan tidak gelap atau silau. 

Kamu bisa mengatur sudut dan pencahayaan dengan cara mencoba berbagai posisi dan arah kamera. Kamu juga bisa menggunakan tripod atau alat bantu lainnya untuk menstabilkan kamera.

Jangan lupa untuk menyesuaikan pengaturan kamera, seperti fokus, zoom, atau filter, agar foto terlihat lebih bagus. 

Itulah 8 cara menyulap teras mungil menjadi spot foto Instagramable. Dengan cara-cara ini, kamu bisa membuat teras rumahmu lebih cantik, nyaman, dan menarik. Kamu juga bisa berfoto di teras dengan berbagai gaya dan pose. Selamat mencoba! 

Share This Article