5 Gaun Bestseller Wanita yang Cocok untuk Usia 40-50 Tahun Dengan Bentuk Tubuh Beragam 

Yumna fahira By Yumna fahira
6 Min Read
5 Gaun Bestseller Wanita yang Cocok untuk Usia 40-50 Tahun Dengan Bentuk Tubuh Beragam 
5 Gaun Bestseller Wanita yang Cocok untuk Usia 40-50 Tahun Dengan Bentuk Tubuh Beragam 

Wanita usia 40-50 tahun memiliki keanggunan dan kebijaksanaan yang tak lekang oleh waktu. Namun, penampilan tetap menjadi hal penting untuk menunjukkan rasa percaya diri dan kecantikan yang bersinar.

Memilih gaun yang modis dan elegan di usia ini bisa menjadi tantangan tersendiri. Terkadang, kita merasa bingung untuk memilih desain yang tepat agar terlihat trendi namun tetap anggun. 

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih gaun adalah bentuk tubuh. Setiap wanita memiliki bentuk tubuh yang unik, dengan karakteristik yang membedakan satu sama lain.

Ada lima bentuk tubuh wanita yang umum dikenal, yaitu pear (pirus), apple (apel), hourglass (jam pasir), rectangle (persegi panjang), dan inverted triangle (segitiga terbalik).

Masing-masing bentuk tubuh memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu disesuaikan dengan model gaun yang cocok. 

Berikut ini adalah lima model gaun yang bisa menjadi pilihan tepat untuk menunjang penampilan elegan dan modis Anda, sesuai dengan bentuk tubuh Anda. 

Gaun Shift: Simpel dan Nyaman untuk Bentuk Tubuh Apple 

Gaun shift merupakan pilihan klasik yang tak lekang oleh waktu. Potongannya yang lurus dan sederhana membuat gaun ini cocok untuk semua bentuk tubuh, terutama apple.

Wanita dengan bentuk tubuh apple memiliki bagian atas tubuh yang lebih besar daripada sisi bawahnya, dengan dada yang lebih besar, perut cenderung bulat, dan kurangnya definisi di pinggang.

Gaun shift dapat membantu menyeimbangkan proporsi tubuh dan menyembunyikan kekurangan pada bagian perut. 

Pilihlah bahan yang ringan dan jatuh agar memberikan kesan anggun dan menawan. Anda bisa memadukan gaun shift dengan aksesoris seperti kalung statement atau scarf untuk menambah sentuhan gaya yang mempercantik penampilan Anda. 

Gaun A-Line: Fleksibel untuk Segala Acara untuk Bentuk Tubuh Pear 

Gaun A-line memiliki potongan yang melebar dari pinggang ke bawah, menyerupai huruf A. Model ini cocok untuk semua bentuk tubuh, terutama pear.

Wanita dengan bentuk tubuh pear memiliki pinggul yang lebih lebar daripada bahu, menciptakan ilusi seperti pir.

Wanita dengan bentuk tubuh ini sering memiliki pinggul lebar, paha penuh, dan bahu yang lebih sempit.

Gaun A-line dapat membantu menonjolkan bagian atas tubuh dan menyamarkan bagian bawah tubuh yang lebih besar. 

Dengan gaun A-line, Anda dapat tampil modis dan elegan di berbagai acara, baik formal maupun kasual.

Pilihlah bahan yang lebih tebal untuk acara formal, atau bahan yang lebih ringan untuk acara kasual. Anda juga bisa memilih motif yang sesuai dengan selera Anda, misalnya bunga, polkadot, atau garis-garis. 

Gaun Maxi: Elegan dan Berkelas untuk Bentuk Tubuh Hourglass 

Gaun maxi memberikan kesan elegan dan berkelas bagi wanita yang mengenakannya. Pilih bahan yang jatuh dan motif yang tidak ramai agar tidak terlihat berlebihan.

Padukan dengan high heels dan aksesoris minimalis untuk menyempurnakan penampilan Anda yang anggun dan menawan. 

Gaun maxi sangat cocok untuk wanita dengan bentuk tubuh hourglass, yang memiliki proporsi seimbang antara pinggul dan bahu serta pinggang yang terdefinisi jelas di tengahnya.

Wanita dengan bentuk tubuh ini memiliki bahu dan pinggul yang hampir sama lebarnya, sementara pinggang mereka sangat menyempit, menciptakan ilusi seperti jam pasir.

Gaun maxi dapat menonjolkan lekuk tubuh yang indah dan proporsional, tanpa terlihat vulgar. 

Gaun Peplum: Menutupi Bagian Perut untuk Bentuk Tubuh Rectangle 

Gaun peplum memiliki detail tambahan pada bagian pinggang, yang dapat membantu menutupi bagian perut yang buncit.

Pilih model yang tidak terlalu ketat agar tidak terlihat berlebihan. Padukan dengan belt untuk menegaskan pinggang dan memberikan kesan ramping.

Dengan gaun peplum, Anda bisa merasa percaya diri dan tetap terlihat modis dan elegan. 

Gaun peplum sangat sesuai untuk wanita dengan bentuk tubuh rectangle, yang memiliki proporsi yang hampir sama lebarnya antara bahu dan pinggul, memiliki sedikit atau tanpa definisi pinggang.

Wanita dengan bentuk tubuh ini sering dianggap kurang feminin dan kurang berisi. Gaun peplum dapat memberikan ilusi pinggang yang lebih kecil dan tubuh yang lebih berbentuk. 

Gaun Wrap: Fleksibel dan Mudah Disesuaikan untuk Bentuk Tubuh Inverted Triangle 

Gaun wrap memiliki model yang dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh, dengan cara melilitkan bagian depan gaun ke sisi lain dan mengikatnya di pinggang.

Gaun wrap dapat memberikan kesan feminin dan anggun, serta menyesuaikan dengan bentuk tubuh yang berubah-ubah. 

Gaun wrap sangat pas untuk wanita dengan bentuk tubuh inverted triangle, yang memiliki bahu yang lebih lebar daripada pinggul, menciptakan ilusi seperti segitiga terbalik.

Wanita dengan bentuk tubuh ini sering memiliki bahu kuat, dada besar, dan pinggul kecil. Gaun wrap dapat membantu menyeimbangkan proporsi tubuh dan menambah volume pada bagian bawah tubuh yang lebih kecil. 

Demikian artikel yang saya tulis. Semoga bermanfaat dan menarik bagi pembaca. Terima kasih. 😊 

Share This Article