14 Oktober Memperingati Hari Standar Dunia dan National I Love You Day

ZAJ
By ZAJ
4 Min Read
14 Oktober Memperingati Hari Standar Dunia Dan National I Love You Day
14 Oktober Memperingati Hari Standar Dunia Dan National I Love You Day

jfid – Tanggal 14 Oktober merupakan tanggal yang memiliki beberapa peringatan dan perayaan di berbagai belahan dunia. Dua di antaranya adalah Hari Standar Dunia dan National I Love You Day. Apa makna dan latar belakang dari kedua peringatan tersebut? Berikut ulasannya.

Hari Standar Dunia adalah hari yang ditetapkan untuk mengapresiasi peran standar dalam memastikan kualitas, keamanan, dan efisiensi produk, layanan, atau proses di berbagai bidang kehidupan.

Standar adalah pedoman atau aturan yang disepakati oleh para ahli, pemerintah, industri, atau organisasi untuk menjamin bahwa sesuatu yang dibuat atau dilakukan sesuai dengan kriteria tertentu.

Hari Standar Dunia diperingati setiap tanggal 14 Oktober sejak tahun 1970. Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan ulang tahun International Electrotechnical Commission (IEC), organisasi internasional yang bergerak di bidang standarisasi teknologi listrik dan elektronik, yang didirikan pada tahun 1906.

Selain IEC, ada dua organisasi internasional lain yang berperan penting dalam mengembangkan standar dunia, yaitu International Organization for Standardization (ISO) dan International Telecommunication Union (ITU).

Setiap tahunnya, Hari Standar Dunia mengusung tema tertentu untuk menyoroti manfaat standar dalam mengatasi tantangan global. Tema untuk tahun 2023 adalah “Protecting the planet with standards” (Melindungi planet dengan standar).

Tema ini mengajak para pemangku kepentingan untuk menggunakan standar sebagai alat untuk mendukung upaya perlindungan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Di Indonesia, Hari Standar Dunia juga dirayakan dengan berbagai kegiatan yang melibatkan Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai lembaga pemerintah yang bertugas menyusun, menetapkan, dan mengembangkan standar nasional Indonesia (SNI).

BSN juga merupakan anggota dari IEC, ISO, dan ITU. Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh BSN dalam rangka Hari Standar Dunia antara lain adalah seminar, pameran, lomba, dan penghargaan.

Selain Hari Standar Dunia, tanggal 14 Oktober juga diperingati sebagai National I Love You Day di beberapa negara, terutama Amerika Serikat. Peringatan ini bermula dari promosi film romantis Filipina yang berjudul “Everyday I Love You” pada tahun 2015. Sutradara film tersebut memposting tagar #EverydayILoveYou di Twitter yang kemudian menjadi viral dan menyebar ke seluruh dunia.

National I Love You Day adalah hari untuk menyatakan cinta kepada orang-orang terdekat, seperti pasangan, keluarga, atau teman. Banyak orang yang memanfaatkan hari ini untuk mengirim pesan, hadiah, atau bunga kepada orang-orang yang mereka cintai. Peringatan ini juga menjadi kesempatan untuk mengingatkan pentingnya menghargai dan merawat hubungan dengan orang lain.

Di Indonesia, National I Love You Day belum begitu populer dibandingkan dengan Hari Valentine yang dirayakan setiap tanggal 14 Februari. Namun demikian, ada beberapa orang yang ikut merayakan hari ini dengan cara-cara sederhana, seperti mengucapkan “aku cinta kamu” atau “I love you” kepada pasangan mereka. Ada juga yang membagikan ungkapan cinta mereka di media sosial dengan menggunakan tagar #NationalILoveYouDay.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

TAGGED:
Share This Article