10 Resolusi 2024: Langkah Mudah untuk Hidup Lebih Baik!

Lukman Sanjaya
6 Min Read
10 Resolusi 2024: Langkah Mudah untuk Hidup Lebih Baik!
10 Resolusi 2024: Langkah Mudah untuk Hidup Lebih Baik!

jfid – Tahun 2023 akan segera berakhir, dan kita akan memasuki tahun 2024 yang penuh harapan.

Apakah kamu sudah menyiapkan resolusi tahun baru untuk tahun depan? Resolusi tahun baru adalah rencana atau tujuan yang ingin kita capai di tahun yang baru.

Resolusi tahun baru bisa membantu kita meningkatkan kualitas hidup, mengembangkan diri, dan meraih impian.

Namun, banyak orang yang gagal mewujudkan resolusi tahun baru mereka karena berbagai alasan, seperti terlalu ambisius, tidak spesifik, tidak realistis, atau tidak konsisten.

Oleh karena itu, penting untuk membuat resolusi tahun baru yang sederhana, mudah, dan sesuai dengan kemampuan kita.

Berikut adalah 10 ide resolusi tahun baru 2024 yang sederhana dan mudah diwujudkan:

Membuat Jadwal Bersih-bersih Rumah

Rumah yang bersih dan rapi bisa membuat kita lebih nyaman, sehat, dan produktif.

Kita bisa membuat jadwal bersih-bersih rumah secara rutin, misalnya seminggu sekali atau sebulan sekali, dan melibatkan anggota keluarga lainnya.

Kita juga bisa membuang barang-barang yang tidak terpakai atau menyumbangkannya ke panti asuhan atau tempat lain yang membutuhkan.

Bijak dalam Bersosial Media

Sosial media memang bisa memberi kita informasi, hiburan, dan interaksi dengan orang lain.

Namun, jika kita terlalu sering atau terlalu lama menghabiskan waktu di sosial media, bisa berdampak negatif bagi kesehatan mental, fisik, dan sosial kita.

Kita bisa bijak dalam bersosial media dengan membatasi waktu, memilih konten yang positif, dan tidak mudah terpengaruh oleh opini atau komentar orang lain.

Membaca Lebih Banyak Buku

Membaca buku adalah salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan keterampilan kita.

Membaca buku juga bisa meningkatkan daya ingat, konsentrasi, imajinasi, dan kreativitas kita.

Kita bisa menentukan target membaca buku sesuai dengan minat dan kesukaan kita, misalnya satu buku per bulan atau per minggu, dan mencatat buku-buku yang sudah kita baca.

Rutin pergi ke Dokter Gigi

Kesehatan gigi dan mulut adalah bagian penting dari kesehatan tubuh kita.

Gigi dan mulut yang sehat bisa mencegah berbagai penyakit, seperti karies, gingivitis, periodontitis, atau bahkan kanker mulut.

Kita bisa pergi ke dokter gigi setidaknya dua kali dalam setahun untuk melakukan pemeriksaan, pembersihan, atau perawatan gigi dan mulut yang diperlukan.

Mencoba Resep Masakan Baru Setiap Minggu

Masak sendiri di rumah adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebersihan makanan kita.

Selain itu, masak sendiri juga bisa menghemat pengeluaran, menyalurkan hobi, dan meningkatkan keakraban dengan keluarga.

Kita bisa mencoba resep masakan baru setiap minggu, baik dari buku, internet, atau teman, dan menyesuaikan dengan selera dan bahan yang tersedia.

Mulai Menulis Jurnal

Menulis jurnal adalah salah satu cara untuk mengekspresikan diri, meluapkan emosi, dan merefleksikan kehidupan kita.

Menulis jurnal juga bisa membantu kita mengenal diri sendiri lebih baik, menemukan tujuan hidup, dan merencanakan masa depan.

Kita bisa mulai menulis jurnal dengan cara yang sederhana, misalnya menulis tiga hal yang kita syukuri, tiga hal yang ingin kita capai, atau tiga hal yang ingin kita perbaiki setiap hari.

Membuat Anggaran yang Lebih Baik

Mengatur keuangan adalah salah satu keterampilan yang penting untuk hidup sejahtera.

Dengan membuat anggaran yang lebih baik, kita bisa mengontrol pengeluaran, menabung, berinvestasi, dan mencapai tujuan keuangan kita.

Kita bisa membuat anggaran yang lebih baik dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran kita secara rinci, menentukan prioritas, dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Kurangi Kebiasaan Membeli yang Tidak Perlu.Membeli barang-barang yang tidak perlu adalah salah satu kebiasaan yang bisa merugikan kita secara finansial dan psikologis.

Membeli barang-barang yang tidak perlu bisa membuat kita boros, berhutang, atau bahkan mengalami stres.

Kita bisa mengurangi kebiasaan membeli yang tidak perlu dengan mengevaluasi kebutuhan dan keinginan kita, menunggu beberapa hari sebelum membeli, atau meminjam atau menukar barang dengan orang lain.

Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan otak, memperluas wawasan, dan membuka peluang karir.

Belajar bahasa asing juga bisa memberi kita pengalaman dan kesenangan baru, seperti menonton film, membaca buku, atau berkomunikasi dengan orang asing.

Kita bisa belajar bahasa asing dengan cara yang menyenangkan, misalnya menggunakan aplikasi, podcast, video, atau kursus online.

Berlibur ke Tempat Baru

Berlibur ke tempat baru adalah salah satu cara untuk melepaskan penat, mengisi ulang energi, dan menikmati hidup.

Berlibur ke tempat baru juga bisa memberi kita pengalaman dan kenangan baru, seperti melihat pemandangan, mencicipi kuliner, atau mengenal budaya.

Kita bisa berlibur ke tempat baru sesuai dengan anggaran dan waktu yang kita miliki, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Itulah 10 ide resolusi tahun baru 2024 yang sederhana dan mudah diwujudkan.

Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi dan motivasi untuk kita semua.

Selamat menyambut tahun baru 2024, semoga tahun ini menjadi tahun yang lebih baik, lebih bahagia, dan lebih sukses untuk kita semua.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

TAGGED:
Share This Article