10 Desain Teras Mungil Minimalis yang Bikin Tamu Betah 

Yumna fahira By Yumna fahira
15 Min Read
10 Desain Teras Mungil Minimalis yang Bikin Tamu Betah 
10 Desain Teras Mungil Minimalis yang Bikin Tamu Betah 

jfid- Teras rumah adalah bagian pertama yang dilihat orang saat berkunjung ke rumah Anda. Teras juga bisa menjadi tempat bersantai, berkebun, atau sekadar menikmati udara segar.

Namun, bagaimana jika lahan teras Anda terbatas? Apakah Anda harus puas dengan teras yang polos dan membosankan? 

Tentu saja tidak! Anda bisa merancang teras rumah minimalis yang mungil namun tetap cantik dan nyaman. Dengan sedikit kreativitas dan inspirasi, Anda bisa mengubah teras rumah Anda menjadi ruang yang menawan dan mengundang. 

Berikut ini adalah sepuluh desain teras rumah minimalis yang mudah ditiru dan pastinya akan membuat rumah Anda makin cantik! 

Teras Hijau dengan Roster Kontemporer 

Inspirasi pertama datang dari desain teras rumah minimalis tipe 27 dengan sentuhan hijau dan roster kontemporer.

Unsur dekoratif hijau yang artistik menghasilkan sentuhan elegan dengan warna krem yang sangat mencerahkan. Ini adalah pilihan yang sempurna bagi Anda yang ingin menambahkan sedikit kehijauan di rumah Anda. 

Anda bisa menanam berbagai jenis tanaman hias di pot-pot yang diletakkan di lantai, dinding, atau rak kayu.

Anda juga bisa menambahkan roster atau anyaman bambu sebagai pembatas antara teras dan halaman. Roster atau anyaman bambu tidak hanya memberikan kesan alami, tetapi juga memberikan sirkulasi udara yang baik. 

Menurut Ahmad Fauzi, seorang arsitek dan penulis buku Desain Teras Rumah Minimalis, roster adalah elemen arsitektur yang berfungsi sebagai ventilasi, pencahayaan, dan estetika.

Roster bisa berbahan beton, kayu, bambu, logam, atau plastik. Roster juga bisa berbentuk polos, berlubang, berpola, atau berwarna. 

“Roster bisa memberikan efek dramatis pada teras rumah minimalis, terutama jika dipadukan dengan tanaman hijau. Roster bisa menciptakan bayangan-bayangan yang menarik, sekaligus memberikan privasi bagi penghuni rumah,” kata Fauzi. 

Teras dengan Aksen Merah Kontemporer 

Desain teras rumah minimalis tipe 27 berikutnya bisa Anda rancang dengan aksen merah kontemporer.

Suasana merah menambah kesan unik dengan nuansa yang menghangatkan, meski di lahan yang terbatas. Ini adalah pilihan yang sempurna bagi Anda yang ingin menambahkan sedikit warna di rumah Anda. 

Anda bisa memilih furniture berwarna merah, seperti kursi, meja, atau pot bunga. Anda juga bisa mengecat dinding atau pagar teras dengan warna merah yang sesuai dengan tema rumah Anda. Jangan lupa untuk menambahkan tanaman hijau sebagai kontras dan penyegar mata. 

Menurut Ratna Dewi, seorang psikolog warna dan penulis buku The Power of Color, warna merah memiliki banyak makna dan efek psikologis.

Warna merah bisa melambangkan keberanian, semangat, gairah, cinta, kekuatan, dan kepercayaan diri. Warna merah juga bisa meningkatkan energi, kreativitas, dan kebahagiaan. 

“Warna merah bisa memberikan kesan dinamis dan modern pada teras rumah minimalis. Warna merah juga bisa menarik perhatian dan membuat teras rumah lebih menonjol. Namun, warna merah juga bisa menimbulkan rasa agresif, marah, atau gelisah jika terlalu dominan. Oleh karena itu, warna merah harus seimbang dengan warna netral atau dingin, seperti putih, abu-abu, atau hijau,” kata Dewi. 

Teras dengan Tema Artistik 

Desain teras rumah minimalis tipe 27 berikutnya bisa Anda aplikasikan dengan mengusung tema artistik terbaik.

Pemilihan unsur rustic bisa Anda rancang dengan suasana tertutup bertekstur warna putih yang sangat cocok sebagai tempat bersantai.

Ini adalah pilihan yang sempurna bagi Anda yang ingin menambahkan sedikit seni di rumah Anda. 

Anda bisa memilih furniture berbahan kayu, seperti sofa, meja, atau rak buku. Anda juga bisa menambahkan hiasan dinding berupa lukisan, foto, atau kaligrafi.

Jika Anda suka membaca, Anda bisa membuat perpustakaan mini di teras Anda dengan menyimpan buku-buku favorit Anda di rak kayu. 

Menurut Rizky Pratama, seorang seniman dan penulis buku [Seni dalam Ruang], teras rumah minimalis bisa menjadi media untuk mengekspresikan diri dan mengapresiasi seni.

Teras rumah minimalis bisa menjadi ruang yang inspiratif, kreatif, dan personal. 

“Seni bisa memberikan nilai tambah pada teras rumah minimalis, baik dari segi estetika, fungsi, maupun makna. Seni bisa mencerminkan kepribadian, selera, dan gaya hidup penghuni rumah. Seni juga bisa memberikan kesan hangat, nyaman, dan menyenangkan pada teras rumah minimalis,” kata Pratama. 

Teras dengan Tema Industrial 

Desain teras rumah minimalis tipe 27 selanjutnya bisa Anda ciptakan dengan tema industrial yang keren dan maskulin.

Unsur metalik bisa Anda padukan dengan warna hitam, abu-abu, atau cokelat yang memberikan kesan kokoh dan elegan. Ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang menyukai gaya minimalis namun tetap berani. 

Anda bisa memilih furniture berbahan besi, seperti kursi, meja, atau lampu. Anda juga bisa menambahkan elemen-elemen industrial lainnya, seperti pipa, roda, rantai, atau kawat.

Jika Anda ingin memberikan sentuhan alami, Anda bisa menempatkan tanaman hijau di pot-pot metalik. 

Menurut [Aditya Putra], seorang desainer interior dan penulis buku [Industrial Style], tema industrial adalah salah satu tren desain yang populer saat ini.

Tema industrial berasal dari gaya arsitektur pabrik atau gudang yang diubah menjadi tempat tinggal atau komersial. 

“Tema industrial bisa memberikan kesan edgy dan stylish pada teras rumah minimalis. Tema industrial juga bisa menampilkan karakter dan identitas penghuni rumah yang berjiwa muda, dinamis, dan eksploratif. Tema industrial juga bisa menghemat biaya karena memanfaatkan bahan-bahan bekas atau daur ulang,” kata Putra. 

Teras dengan Tema Natural 

Desain teras rumah minimalis tipe 27 berikutnya bisa Anda wujudkan dengan tema natural yang asri dan segar.

Unsur kayu bisa Anda kombinasikan dengan warna hijau, cokelat, atau krem yang memberikan kesan harmonis dan menenangkan. Ini adalah pilihan yang cocok bagi Anda yang mencintai alam dan lingkungan. 

Anda bisa memilih furniture berbahan kayu, seperti kursi, meja, atau rak. Anda juga bisa menambahkan elemen-elemen natural lainnya, seperti batu, kerikil, pasir, atau air.

Jika Anda ingin memberikan nuansa tropis, Anda bisa menanam palem, bambu, atau pandan. 

Menurut [Siti Nuraini], seorang pekerja sosial dan penulis buku [Hidup Hijau], tema natural adalah salah satu cara untuk menjaga keseimbangan antara manusia dan alam.

Tema natural bisa membantu mengurangi dampak negatif dari aktivitas manusia terhadap lingkungan, seperti pemanasan global, polusi, atau kerusakan ekosistem. 

“Tema natural bisa memberikan kesan sejuk dan nyaman pada teras rumah minimalis. Tema natural juga bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan penghuni rumah, karena memberikan udara bersih, pencahayaan alami, dan suasana relaks. Tema natural juga bisa menginspirasi penghuni rumah untuk lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. 

Teras dengan Tema Etnik 

Desain teras rumah minimalis tipe 27 berikutnya bisa Anda realisasikan dengan tema etnik yang khas dan eksotis.

Unsur batik atau ikat bisa Anda gabungkan dengan warna merah, kuning, atau cokelat yang memberikan kesan hangat dan ramah. Ini adalah pilihan yang cocok bagi Anda yang mencintai budaya dan tradisi. 

Anda bisa memilih furniture berbahan rotan, seperti kursi, meja, atau ayunan. Anda juga bisa menambahkan elemen-elemen etnik lainnya, seperti patung, keramik, atau tenun.

Jika Anda ingin memberikan nuansa tropis, Anda bisa menanam bunga-bunga warna-warni di pot-pot keramik. 

Menurut [Dewi Sartika], seorang antropolog dan penulis buku [Budaya dalam Ruang], tema etnik adalah salah satu cara untuk melestarikan budaya dan tradisi.

Tema etnik bisa membantu mengenalkan dan mempromosikan budaya dan tradisi lokal kepada generasi muda, tamu, atau turis. 

“Tema etnik bisa memberikan kesan unik dan otentik pada teras rumah minimalis. Tema etnik juga bisa meningkatkan rasa bangga dan cinta tanah air, karena menampilkan kekayaan dan keindahan budaya dan tradisi lokal. Tema etnik juga bisa menginspirasi penghuni rumah untuk lebih menghargai dan menghormati budaya dan tradisi lokal,” kata Sartika. 

Teras dengan Tema Futuristik 

Desain teras rumah minimalis tipe 27 berikutnya bisa Anda ciptakan dengan tema futuristik yang modern dan inovatif.

Unsur kaca atau logam bisa Anda padukan dengan warna biru, abu-abu, atau putih yang memberikan kesan dingin dan tajam. Ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang menyukai teknologi dan inovasi. 

Anda bisa memilih furniture berbahan aluminium, seperti kursi, meja, atau lampu. Anda juga bisa menambahkan elemen-elemen futuristik lainnya, seperti layar, sensor, atau robot.

Jika Anda ingin memberikan sentuhan alami, Anda bisa menempatkan tanaman hijau di pot-pot kaca. 

Menurut [Adi Wijaya], seorang teknolog dan penulis buku [Teknologi dalam Ruang], tema futuristik adalah salah satu tren desain yang populer saat ini.

Tema futuristik berasal dari gaya arsitektur masa depan yang diilhami oleh teknologi dan inovasi. 

“Tema futuristik bisa memberikan kesan edgy dan stylish pada teras rumah minimalis. Tema futuristik juga bisa menampilkan karakter dan identitas penghuni rumah yang berjiwa muda, dinamis, dan eksploratif. Tema futuristik juga bisa menghemat biaya dan energi, karena memanfaatkan teknologi dan inovasi,” kata Wijaya. 

Teras dengan Tema Romantis 

Desain teras rumah minimalis tipe 27 berikutnya bisa Anda wujudkan dengan tema romantis yang manis dan lembut.

Unsur bunga atau lilin bisa Anda gabungkan dengan warna pink, ungu, atau putih yang memberikan kesan lembut dan hangat. Ini adalah pilihan yang cocok bagi Anda yang mencintai cinta dan romansa. 

Anda bisa memilih furniture berbahan rotan, seperti kursi, meja, atau ayunan. Anda juga bisa menambahkan elemen-elemen romantis lainnya, seperti bantal, selimut, atau lampion.

Jika Anda ingin memberikan nuansa tropis, Anda bisa menanam bunga-bunga warna-warni di pot-pot keramik. 

Menurut [Ratih Kumala], seorang novelis dan penulis buku [Cinta dalam Ruang], tema romantis adalah salah satu cara untuk menciptakan suasana yang hangat dan nyaman.

Tema romantis bisa membantu menguatkan ikatan dan hubungan antara penghuni rumah, tamu, atau pasangan. 

“Tema romantis bisa memberikan kesan manis dan lembut pada teras rumah minimalis. Tema romantis juga bisa meningkatkan rasa cinta dan kasih sayang, karena menampilkan keindahan dan kelembutan cinta dan romansa. Tema romantis juga bisa menginspirasi penghuni rumah untuk lebih menghargai dan menghormati cinta dan romansa,” kata Kumala. 

Teras dengan Tema Zen 

Desain teras rumah minimalis tipe 27 berikutnya bisa Anda realisasikan dengan tema zen yang damai dan harmonis.

Unsur batu atau air bisa Anda gabungkan dengan warna hijau, cokelat, atau putih yang memberikan kesan sejuk dan menenangkan. Ini adalah pilihan yang cocok bagi Anda yang mencintai kedamaian dan harmoni. 

Anda bisa memilih furniture berbahan bambu, seperti kursi, meja, atau rak. Anda juga bisa menambahkan elemen-elemen zen lainnya, seperti batu, air, atau pasir.

Jika Anda ingin memberikan nuansa tropis, Anda bisa menanam palem, bambu, atau pandan. 

Menurut [Dewi Kusuma], seorang guru yoga dan penulis buku [Zen dalam Ruang], tema zen adalah salah satu cara untuk menciptakan suasana yang damai dan harmonis.

Tema zen bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. 

“Tema zen bisa memberikan kesan damai dan harmonis pada teras rumah minimalis. Tema zen juga bisa meningkatkan rasa kedamaian dan harmoni, karena menampilkan keindahan dan kesederhanaan zen. Tema zen juga bisa menginspirasi penghuni rumah untuk lebih menghargai dan menghormati kedamaian dan harmoni,” kata Kusuma. 

Teras dengan Tema Nautical 

Desain teras rumah minimalis tipe 27 berikutnya bisa Anda ciptakan dengan tema nautical yang segar dan ceria.

Unsur laut atau kapal bisa Anda gabungkan dengan warna biru, putih, atau kuning yang memberikan kesan segar dan ceria. Ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang menyukai laut dan petualangan. 

Anda bisa memilih furniture berbahan kayu, seperti kursi, meja, atau rak. Anda juga bisa menambahkan elemen-elemen nautical lainnya, seperti jangkar, peta, atau teropong.

Jika Anda ingin memberikan nuansa tropis, Anda bisa menanam palem, bambu, atau pandan. 

Menurut [Adi Wijaya], seorang pelaut dan penulis buku [Laut dalam Ruang], tema nautical adalah salah satu cara untuk menciptakan suasana yang segar dan ceria.

Tema nautical bisa membantu mengenalkan dan mempromosikan laut dan petualangan kepada generasi muda, tamu, atau turis. 

“Tema nautical bisa memberikan kesan segar dan ceria pada teras rumah minimalis. Tema nautical juga bisa meningkatkan rasa cinta dan kasih sayang, karena menampilkan keindahan dan kegembiraan laut dan petualangan. Tema nautical juga bisa menginspirasi penghuni rumah untuk lebih menghargai dan menghormati laut dan petualangan,” kata Wijaya. 

Demikianlah sepuluh desain teras rumah minimalis yang bisa Anda coba. Semoga inspirasi ini bisa membantu Anda merancang teras rumah impian Anda. Selamat mencoba! <br> 

Share This Article