Bezzecchi Bikin Heboh MotoGP India, Bagnaia Terancam Kehilangan Posisi

Noer Huda
8 Min Read

jfid – Sirkuit Buddh yang baru saja diperkenalkan dalam kalender MotoGP tahun ini menjadi saksi bagi sejumlah kejutan dan drama dalam balapan seri ini. Hari Sabtu, 23 September 2023, menjadi momen penentuan dalam hasil kualifikasi, menampilkan pembalap-pembalap tangguh yang berusaha menaklukkan karakteristik lintasan yang penuh tantangan ini.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah Marco Bezzecchi, pembalap asal Italia yang berhasil merebut pole position pertamanya di kelas MotoGP dengan catatan waktu 1:44.849. Ia berhasil mengungguli Marc Marquez (Repsol Honda) yang finis di posisi kedua dengan selisih tipis, hanya 0.118 detik. Posisi ketiga ditempati oleh Brad Binder (Red Bull KTM) dengan selisih 0.233 detik dari Bezzecchi.

Prestasi pole position ini menjadi yang pertama bagi Marco Bezzecchi di MotoGP India, sebuah seri balap baru yang memeriahkan kalender tahun ini. Keberhasilan ini juga mengukuhkan tim Mooney VR46 Racing yang didirikan oleh legenda Valentino Rossi, sebagai tim yang mampu bersaing di level tertinggi MotoGP. Bezzecchi merasa sangat bangga dan berharap dapat mempertahankan performa cemerlangnya dalam balapan yang akan berlangsung keesokan harinya.

“Kesuksesan ini adalah sesuatu yang sangat spesial bagi saya dan tim. Sirkuit ini sangat menarik dan saya merasa nyaman dengan motor saya. Saya harap saya bisa memberikan balapan yang bagus besok dan memperjuangkan podium atau bahkan kemenangan,” ujar Bezzecchi dengan rasa kebahagiaan yang menggema.

Dengan posisinya yang saat ini berada di urutan keenam dalam klasemen dengan total 156 poin, Marco Bezzecchi memiliki peluang untuk merangsek naik ke peringkat kelima jika mampu mengungguli Raul Fernandez (RNF MotoGP) yang berada di urutan keempat kualifikasi dengan 171 poin. Bahkan, Bezzecchi bisa pula mengejar Johann Zarco (Pramac Racing) yang berada di posisi keempat dalam klasemen dengan 182 poin, namun hanya berhasil meraih posisi kelima dalam sesi kualifikasi.

Namun, jalannya pertarungan untuk merebut kemenangan pertama di MotoGP India tidak akan mudah bagi Marco Bezzecchi. Ia harus menghadapi Marc Marquez, pembalap Spanyol yang sekali lagi menunjukkan kecepatan dan keberaniannya di Sirkuit Buddh. Marquez mengungkapkan bahwa sirkuit ini sangat cocok dengan gaya balapnya dan ia siap memberikan pertarungan sengit dengan Bezzecchi di lintasan.

“Saya sangat senang dengan hasil kualifikasi ini, karena saya merasa sangat baik dengan motor saya di sirkuit ini. Sirkuit ini sangat teknis dan memiliki banyak tikungan yang menarik. Saya suka tantangan seperti ini, dan saya pikir saya bisa bersaing dengan Bezzecchi untuk kemenangan. Saya tahu dia sangat kuat dan konsisten, tetapi saya juga tidak akan menyerah begitu saja. Saya harap kita bisa memberikan pertunjukan yang bagus untuk para penggemar,” ungkap Marquez.

Marc Marquez saat ini berada di posisi ketiga dalam klasemen dengan 203 poin, dan ia memiliki peluang untuk mendekati Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), yang menduduki posisi kedua dalam klasemen dengan 224 poin. Quartararo sendiri hanya berhasil meraih posisi keenam dalam sesi kualifikasi. Marquez juga harus waspada terhadap ancaman Johann Zarco yang berada di posisi kelima dalam klasemen dengan 182 poin, namun hanya meraih posisi kelima dalam sesi kualifikasi.

Sementara itu, Brad Binder juga merasa bahagia dengan posisi ketiganya, yang merupakan hasil terbaiknya musim ini. Pembalap asal Afrika Selatan ini sangat nyaman dengan motor KTM-nya di Sirkuit Buddh dan berharap dapat meraih podium pertamanya tahun ini.

“Saya sangat bahagia dengan hasil kualifikasi ini, karena ini adalah sesuatu yang tidak saya harapkan. Saya merasa sangat baik dengan motor saya di sirkuit ini, dan saya pikir saya bisa membuat perbedaan di beberapa bagian. Saya harap saya bisa mempertahankan posisi saya di balapan besok dan berjuang untuk podium. Ini akan menjadi sesuatu yang sangat istimewa bagi saya dan tim,” kata Binder.

Dengan posisinya yang saat ini berada di urutan kesepuluh dalam klasemen dengan total 115 poin, Brad Binder memiliki peluang untuk merangkak naik ke peringkat kesembilan jika mampu mengalahkan Jack Miller (Ducati Lenovo), yang saat ini menduduki posisi kesembilan dalam klasemen dengan 117 poin, namun hanya berhasil meraih posisi kedelapan dalam sesi kualifikasi. Binder juga bisa mengejar Aleix Espargaro (Aprilia Racing) yang berada di posisi kedelapan dalam klasemen dengan 121 poin, namun hanya berhasil meraih posisi ketujuh dalam sesi kualifikasi.

Dalam posisi berikutnya terdapat Raul Fernandez di posisi keempat, Johann Zarco di posisi kelima, dan Fabio Quartararo di posisi keenam. Mereka semua memiliki peluang untuk memperbaiki posisi mereka dalam balapan yang akan datang, namun harus selalu waspada terhadap ancaman dari para pembalap lain yang berada di belakang mereka.

Salah satu pembalap yang mungkin bisa menjadi kejutan adalah Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), yang saat ini memimpin klasemen dengan 241 poin, namun hanya berhasil meraih posisi kesepuluh dalam sesi kualifikasi. Pembalap Italia ini mengalami kesulitan untuk menemukan kecepatan yang optimal di Sirkuit Buddh, dan ia harus berjuang untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

“Saya sangat kecewa dengan hasil kualifikasi ini, karena saya merasa tidak nyaman dengan motor saya di sirkuit ini. Sirkuit ini sangat sulit untuk motor Ducati, karena memiliki banyak tikungan lambat dan panjang. Saya harap saya bisa menemukan solusi untuk balapan besok, karena saya tidak ingin kehilangan banyak poin dari rival saya,” kata Bagnaia dengan rasa frustrasi.

Francesco Bagnaia, yang saat ini memiliki keunggulan 17 poin dari Quartararo, 38 poin dari Marquez, dan 59 poin dari Zarco, harus berhati-hati agar tidak kehilangan terlalu banyak poin dalam balapan yang akan datang.

Ia harus mengawasi Marco Bezzecchi, rekan setimnya di tim Mooney VR46 Racing, yang bisa menjadi ancaman serius terhadap posisinya dalam klasemen jika berhasil meraih kemenangan pertamanya di MotoGP.

Balapan MotoGP India 2023 akan digelar pada hari Minggu, 24 September 2023, pukul 15:00 waktu setempat (GMT+5:30). Aksi seru para pembalap di Sirkuit Buddh akan menjadi tontonan yang tidak boleh dilewatkan. Pertanyaannya, siapakah yang akan keluar sebagai juara dalam seri balap bersejarah ini? Tetap ikuti berita dan pembaruan terkini MotoGP India 2023 hanya di detiksport.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article