Al-Nassr Lolos ke Final Arab Club Champions Cup 2023 Setelah Tundukkan Al Shorta 1-0

Noer Huda
7 Min Read

jf.id Al-Nassr sukses menembus final Arab Club Champions Cup 2023 setelah menaklukkan Al Shorta 1-0 di semifinal yang digelar pada Rabu, 9 Agustus 2023. Satu-satunya gol kemenangan Al-Nassr tercipta oleh Cristiano Ronaldo lewat tendangan penalti di menit ke-71. Dengan hasil ini, Al-Nassr berkesempatan meraih gelar juara pertama mereka di tahun ini. Di sisi lain, Al Shorta harus mengubur impian mereka untuk mengulang kesuksesan mereka di edisi sebelumnya.

Pertandingan dimulai dengan intensitas yang tinggi sejak awal. Al-Nassr mengandalkan skuad terkuat mereka, termasuk Sadio Mane, Marcelo Brozovic, dan Alex Telles. Al Shorta juga tidak mau kalah dan bermain dengan penuh semangat. Kedua tim saling berbalas serangan dan menghasilkan beberapa peluang gol, tetapi tidak ada yang bisa menjebol gawang lawan.

Salah satu momen dramatis terjadi pada menit ke-75, ketika Ronaldo mencetak gol fenomenal dengan sepakan voli, tetapi dianulir karena offside. Wasit meminta bantuan VAR untuk memastikan keputusannya. Ronaldo dan para pemain Al-Nassr marah-marah kepada wasit, tetapi tidak bisa mengubah keputusan tersebut. Ronaldo bahkan mendapat kartu kuning karena protes berlebihan.

Gol tersebut sebenarnya sangat luar biasa dan menunjukkan kualitas Ronaldo sebagai pemain kelas dunia. Dia mendapat umpan silang dari rekan setimnya, Brozovic, di dalam kotak penalti Al Shorta. Dia mengendalikan bola dengan dada, lalu berputar dan melepaskan sepakan voli yang menghujam gawang Al Shorta. Bola tersebut bersarang di pojok atas gawang tanpa bisa dijangkau oleh kiper lawan. Namun, wasit dan VAR melihat bahwa Ronaldo telah lebih dulu terperangkap offside saat bola diberikan kepadanya. Mereka memutuskan untuk menganulir gol tersebut dan memberikan tendangan bebas kepada Al Shorta.

Ronaldo tidak terima dengan keputusan tersebut dan langsung menghampiri wasit untuk memprotesnya. Dia menunjukkan gestur tangan yang menandakan bahwa dia tidak offside. Dia juga berteriak-teriak kepada wasit dengan bahasa Portugis yang emosional. Wasit tidak bergeming dan tetap pada keputusannya. Dia juga memberikan kartu kuning kepada Ronaldo karena protes berlebihan.

Gol penalti Ronaldo terjadi pada menit ke-71, setelah wasit menunjuk titik putih karena Faisal Jassim melanggar Ronaldo di dalam kotak terlarang. Jassim mendapat kartu merah karena pelanggaran tersebut dan membuat Al Shorta harus bermain dengan 10 orang. Ronaldo yang menjadi algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan melesakkan bola ke pojok kanan gawang Al Shorta.

Pelanggaran tersebut terjadi ketika Ronaldo menerima umpan terobosan dari Mane di sisi kiri kotak penalti Al Shorta. Dia berlari menuju bola dengan cepat dan mencoba melewati Jassim yang berdiri di depannya. Jassim yang panik mencoba menghalau bola dengan kakinya, tetapi malah menyentuh kaki Ronaldo yang sedang melompat. Ronaldo pun terjatuh di dalam kotak penalti dan langsung mengacungkan tangan meminta penalti.

Wasit tidak ragu-ragu untuk menunjuk titik putih dan memberikan kartu merah kepada Jassim karena pelanggaran tersebut. Jassim tampak tak percaya dengan keputusan wasit dan menggeleng-gelengkan kepala sambil berjalan keluar lapangan. Para pemain Al Shorta juga protes kepada wasit, tetapi tidak ada gunanya.

Ronaldo yang menjadi algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan melesakkan bola ke pojok kanan gawang Al Shorta. Kiper Al Shorta, Abdulrahman Khalaf, tidak mampu menjangkau bola tersebut meski sudah menebak arah tendangan Ronaldo dengan benar. Bola tersebut masuk ke gawang dengan kencang dan membuat jala gawang bergoyang. Gol tersebut menjadi gol keempat Ronaldo di ajang Arab Club Champions Cup 2023.

Ronaldo langsung berlari ke arah sudut lapangan dan melakukan selebrasi khasnya dengan melompat dan mengayunkan kedua tangannya ke udara. Dia juga berteriak “Siiii!” sambil menunjukkan senyum lebarnya. Para pemain Al-Nassr yang lain juga menghampiri Ronaldo dan memeluknya sebagai tanda kegembiraan. Mereka juga mengacungkan jempol kepada para pendukung mereka di tribun stadion.

Meski tertinggal satu gol dan bermain dengan 10 orang, Al Shorta tidak menyerah begitu saja. Mereka terus mencoba menekan pertahanan Al-Nassr dan mencari celah untuk mencetak gol penyama kedudukan. Salah satu upaya terbaik mereka terjadi pada menit ke-90, ketika Ahmed Farhan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti.

Tembakan tersebut terjadi setelah Al Shorta mendapatkan tendangan sudut dari sisi kanan. Bola disundul oleh salah satu pemain Al Shorta ke arah Farhan yang berdiri bebas di luar kotak penalti. Farhan yang mendapat bola langsung melepaskan tembakan tanpa ragu-ragu. Bola meluncur dengan kencang menuju gawang Al-Nassr.

Namun, kiper Al-Nassr, Alaqidi, bisa bereaksi dengan cepat dan menepis bola dengan tangannya. Bola pun melambung ke atas dan keluar lapangan. Wasit kemudian meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Para pemain Al-Nassr bersorak-sorai dan merayakan kemenangan mereka. Mereka juga menghampiri Ronaldo dan memeluknya sebagai tanda penghargaan atas kontribusinya bagi tim. Ronaldo tampak senang dan bangga dengan pencapaiannya bersama Al-Nassr. Dia juga mengacungkan jempol kepada para pendukungnya di tribun stadion.

Sementara itu, para pemain Al Shorta tampak kecewa dan sedih dengan hasil tersebut. Mereka juga menghormati lawan mereka dengan memberikan tepuk tangan kepada para pemain Al-Nassr. Mereka juga mendapat dukungan dari para penggemarnya yang masih setia mendukung mereka meski kalah.

Al-Nassr akan menantang pemenang antara Al Hilal dan Al Shabab di partai final yang akan digelar pada Minggu, 13 Agustus 2023. Al Hilal dan Al Shabab akan bertemu di semifinal kedua pada Kamis, 10 Agustus 2023.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article