Lukken, Wafel Salah Satu Menu Wajib di Belgia Setiap Menjelang Tahun Baru Bersama Keluarga

ZAJ By ZAJ
3 Min Read
Lukken, Wafel Salah Satu Menu Wajib di Belgia Setiap Menjelang Tahun Baru Bersama Keluarga
Lukken, Wafel Salah Satu Menu Wajib di Belgia Setiap Menjelang Tahun Baru Bersama Keluarga

jfid – Wafel adalah salah satu makanan khas Belgia yang sudah dikenal di seluruh dunia. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa ada berbagai jenis wafel di Belgia, dan salah satunya adalah lukken, wafel tipis dan renyah yang dibuat khusus untuk merayakan tahun baru.

Lukken berasal dari kata geluk, yang berarti keberuntungan dalam bahasa Belanda. Lukken dibuat dengan adonan yang mengandung gula mutiara, mentega, telur, tepung, dan cognac.

Adonan ini dibentuk menjadi bola-bola kecil atau cerutu, lalu dipanggang di cetakan wafel khusus yang dangkal dan berbentuk kerucut es krim.

kue ini memiliki tekstur yang rapuh, karamelisasi yang manis, dan rasa yang kaya. Lukken biasanya dimakan tanpa tambahan apa pun, atau disajikan dengan kopi atau anggur manis. Lukken juga bisa disimpan dalam wadah kedap udara hingga tiga minggu.

Menurut Regula Ysewijn, penulis buku Dark Rye and Honey Cake: Festival Baking from the Heart of the Low Countries, lukken berasal dari daerah West Flanders, dan sudah ada sejak abad ke-16 dan ke-17. Lukken awalnya dimakan setelah berbagai perayaan, seperti Hari Santo Martinus, Natal, Karnaval, dan Paskah.

Namun, seiring dengan perubahan kalender Gregorian, tahun baru bergeser dari Paskah ke 1 Januari, dan tradisi membuat wafel pun ikut bergeser. Lukken kemudian menjadi simbol keberuntungan di tahun baru, dan dibuat oleh keluarga-keluarga di West Flanders sebagai kegiatan bersama.

Lukken juga dipopulerkan oleh Jules Destrooper, seorang pembuat roti di Lo, Belgia, yang mulai membuat versi tipis dari lukken sepanjang tahun sebagai lukke atau galettes au beurre pada tahun 1890.

Dia kemudian mengekspor lukken ke Amerika Serikat pada tahun 1949, dan menciptakan butter waffles pada tahun 1969, yang paling mirip dengan lukken buatan rumah.

Lukken adalah salah satu contoh dari warisan kuliner Belgia yang kaya dan beragam. Selain lukken, ada juga wafel Liège yang bulat dan berlapis karamel, dan wafel Brussels yang persegi dan renyah.

Wafel-wafel ini memiliki ciri khas dan cara penyajian yang berbeda, dan menunjukkan keunikan dan kekhasan Belgia sebagai negara.

Share This Article