Gak Perlu Mahal! Ini 10 Pakan Kambing Alami Selain Rumput yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Mudah

Fahrur Rozi By Fahrur Rozi
5 Min Read
Gak Perlu Mahal! Ini 10 Pakan Kambing Alami Selain Rumput yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Mudah
Gak Perlu Mahal! Ini 10 Pakan Kambing Alami Selain Rumput yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Mudah

jfid – Rumput hijau segar memang menjadi makanan favorit bagi kambing.

Namun, apakah kamu tahu bahwa ada banyak pakan ternak kambing alami lainnya.

Yang bisa kamu berikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi kambingmu?

Pakan ternak kambing alami adalah pakan yang berasal dari sumber alam.

Dan tidak mengandung bahan kimia atau pengawet buatan.

Pakan alami ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di sekitar lingkunganmu.

Bahkan ada yang biasanya dianggap sebagai sampah atau limbah.

Pakan alami ini memiliki berbagai manfaat bagi kambing.

Seperti meningkatkan nafsu makan, menambah berat badan, memperkuat daya tahan tubuh, dan mencegah penyakit.

Selain itu, pakan alami juga bisa menghemat biaya produksi karena harganya yang murah atau bahkan gratis.

Lalu, apa saja pakan ternak kambing alami terbaik selain rumput?

Berikut adalah 10 rekomendasi pakan alami yang bisa kamu coba berikan kepada kambingmu.

  • Jerami: Jerami adalah sisa-sisa batang padi yang sudah dipanen. Jerami memiliki kandungan serat yang tinggi yang bisa membantu proses pencernaan kambing. Jerami juga bagus sebagai pengganti rumput saat musim kemarau datang dan rumput menjadi langka.
  • Pelepah Pisang: Pelepah pisang adalah bagian dari batang pisang yang biasanya dibuang setelah pisang dipetik. Pelepah pisang memiliki kandungan mineral dan protein yang baik untuk kambing. Pelepah pisang juga lembut dan mudah dicerna oleh kambing.
  • Ampas Kelapa: Ampas kelapa adalah sisa-sisa kelapa yang sudah diparut dan diambil santannya. Ampas kelapa masih memiliki kandungan protein sekitar 20-25% yang bisa meningkatkan pertumbuhan kambing. Ampas kelapa juga bisa dicampur dengan bahan lain seperti dedak atau jagung untuk membuat pakan yang lebih bergizi.
  • Daun Singkong: Daun singkong adalah salah satu tanaman hijauan yang bisa kamu tanam di pekarangan rumahmu. Daun singkong memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, sekitar 16%, yang bisa membuat kambing cepat gemuk. Daun singkong juga mengandung vitamin A, B, dan C yang baik untuk kesehatan kambing.
  • Kulit Jagung: Kulit jagung adalah bagian luar dari jagung yang biasanya dibuang saat memasak jagung. Kulit jagung memiliki kandungan gula dan serat yang tinggi, terutama pada kulit jagung manis. Kulit jagung bisa meningkatkan energi dan stamina kambing.
  • Kulit Pisang: Kulit pisang adalah bagian dari buah pisang yang sering dianggap sebagai sampah. Padahal, kulit pisang memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan lemak yang cukup baik untuk kambing. Kulit pisang juga bisa membantu mengatasi diare pada kambing.
  • Daun Nangka: Daun nangka adalah daun dari pohon nangka yang bisa kamu temukan di banyak tempat. Daun nangka memiliki kandungan serat kasar yang cukup tinggi, sekitar 20%, yang bisa membantu pencernaan kambing. Daun nangka juga memiliki rasa yang manis dan disukai oleh kambing.
  • Daun Pepaya: Daun pepaya adalah daun dari tanaman pepaya yang juga bisa kamu tanam di halaman rumahmu. Daun pepaya memiliki kandungan enzim papain yang berfungsi sebagai antibiotik alami. Daun pepaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh kambing dan mencegah penyakit.
  • Dedak atau Bekatul: Dedak atau bekatul adalah sisa-sisa penggilingan padi yang biasa dijadikan pakan ternak. Dedak memiliki kandungan serat kasar sekitar 13,80% yang bisa membantu pencernaan kambing. Dedak juga memiliki kandungan energi yang cukup tinggi dan bisa dicampur dengan bahan lain untuk membuat pakan yang lebih lengkap.
  • Daun Kacang-kacangan: Daun kacang-kacangan adalah daun dari tanaman kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang kedelai, atau kacang hijau. Daun kacang-kacangan memiliki kandungan energi dan serat kasar yang baik untuk kambing. Daun kacang-kacangan juga bisa meningkatkan produksi susu pada kambing betina.

Itulah 10 rekomendasi pakan ternak kambing alami terbaik selain rumput yang bisa kamu berikan kepada kambingmu.

Dengan memberikan pakan yang bervariasi, kamu bisa membuat kambingmu lebih sehat, gemuk, dan produktif. Selamat mencoba!

Share This Article