Terkonfirmasi Positif Covid 19 NTB Jadi 250 Pasien, Faktor Kepatuhan dan Disiplin Masih Kurang

M. Rizwan
2 Min Read

jfID – Sebanyak 250 orang dengan perincian, 36 orang sudah sembuh, 4 meninggal dunia dan 210 orang masih positif dalam keadaan baik merupakan kasus terbaru terkonfirmasi Positif Covid 19 di NTB.

Jumlah 250 terkonfirmasi positif Covid 19 tersebut diketahui setelah tanggal ini, (2/5/2020) terdapat 17 kasus baru terkonfirmasi Positif Covid 19 di NTB.

“bahwa pada hari ini, Sabtu, 2/5/2020, telah diperiksa di laboratorium RSUD Provinsi NTB dan Laboratorium genetik di Sumbawa technopark sebanyak 148 sampel swab dengan hasil 119 sampel negatif, 9 sampel ulangan positif dan 17 sampel baru positif Covid 19,” terang Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, Sekda selaku Ketua Pelaksana Harian Satgas Covid 19 Provinsi NTB dalam keterangan press releasenya.

Selain adanya kasus baru terkonfirmasi positif Covid 19 tersebut, sebanyak 4 orang dinyatakan sembuh dari Covid 19, setelah pemeriksaan laboratorium swab sebanyak 2 kali dan dinyatakan negatif.

Berdasarkan trend perkembangan kasus Positif Covid 19, terlihat bahwa kasus positif terbanyak terjadi di Kota Mataram, Kabupaten Dompu dan Kabupaten Lombok Barat.

Dari hasil pemantauan, selain kasus baru dari klaster-klaster yang sudah dipetakan serta status di beberapa daerah sebagi transmisi lokal, perkembangan peningkatan ini juga terjadi karena masyarakat sebagai garda terdepan belum semuanya kompak dan bersatu untuk disiplin memutus mata rantai penyebaran Covid 19, dengan menerapkan protokol pencegahan Covid 19 secara ketat.

Kerumunan masyarakat masih terpantau di beberapa tempat, seperti pasar tradisional, di beberapa ruas jalan dan tempat ibadah.

Perlu penertiban dari pemerintah daerah setempat berkoordinasi dengan aparat TNI, dan Polri serta unsur keamanan terkait lainnya. Kerjasama pemerintah beserta masyarakat menjadi faktor paling penting untuk memutus rantai wabah ini.

“masalah Covid 19 hanya bisa dicegah dengan sikap kepatuhan dan disipilin dari kita semua,” sebut Ketua Pelaksana Harian Satgas Covid 19 Provinsi NTB melalui keterangan press releasenya.

Share This Article