Terbukti! Bukti Nyata Keunggulan Skincare Lokal Dibandingkan Produk Impor

Yumna fahira
3 Min Read
Terbukti! Bukti Nyata Keunggulan Skincare Lokal Dibandingkan Produk Impor (Ilustrasi)
Terbukti! Bukti Nyata Keunggulan Skincare Lokal Dibandingkan Produk Impor (Ilustrasi)

jfid- Dalam beberapa tahun terakhir, pasar skincare di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Dalam laporan yang diterbitkan oleh ZAP Beauty Index 2023, penjualan produk skincare lokal terus meningkat.

Namun, apakah produk skincare lokal lebih baik daripada produk impor? Berikut adalah beberapa fakta yang menunjukkan keunggulan skincare lokal.

Penjualan Produk Skincare Lokal

Menurut data dari Kementerian Industri Indonesia dan ZAP Beauty Index 2023, penjualan produk skincare lokal terus meningkat.

Dalam beberapa tahun terakhir, penjualan skincare lokal meningkat sebesar 20,6% per tahun, sementara penjualan skincare impor meningkat sebesar 29,6% per tahun.

Hal ini menunjukkan bahwa skincare lokal memiliki potensi yang lebih besar dalam meningkatkan penjualan dan menarik perhatian konsumen.

Kualitas dan Harga

Salah satu alasan mengapa skincare lokal lebih populer adalah karena kualitas dan harga yang lebih terjangkau.

Dalam survei yang dilakukan oleh Snapcart, 60% responden mengatakan bahwa mereka lebih sering menggunakan produk skincare lokal daripada produk impor.

Selain itu, 71% responden yang menggunakan produk skincare lokal mengatakan bahwa mereka puas dengan kualitas produk tersebut.

Di sisi lain, 64% responden yang menggunakan produk skincare impor juga mengatakan bahwa mereka puas dengan kualitas produk tersebut.

Namun, harga produk skincare lokal yang lebih terjangkau menjadi alasan utama bagi konsumen untuk memilih produk skincare lokal.

Brand Awareness

Terdapat beberapa brand skincare lokal yang sangat populer di Indonesia, seperti Wardah.

Brand ini telah menjadi favorit di kalangan masyarakat Indonesia karena kualitas produk yang baik dan harga yang terjangkau.

Selain itu, brand skincare impor seperti SK-II juga sangat populer di Indonesia. Namun, terdapat beberapa brand skincare yang sering dianggap sebagai brand impor namun sebenarnya adalah brand lokal, seperti L’Oreal yang dianggap sebagai brand impor namun sebenarnya adalah brand lokal yang diproduksi di Indonesia.

Keterbukaan Informasi

Terdapat beberapa konsumen yang tidak mengetahui apakah produk skincare yang mereka gunakan adalah produk lokal atau impor.

Dalam survei yang dilakukan oleh Snapcart, 18% responden mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui apakah produk skincare yang mereka gunakan adalah produk lokal atau impor.

Hal ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa konsumen yang tidak memperhatikan asal-usul produk skincare yang mereka gunakan.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, skincare lokal memiliki beberapa keunggulan dibandingkan skincare impor.

Kualitas dan harga yang lebih terjangkau serta brand awareness yang lebih baik menjadi beberapa alasan mengapa skincare lokal lebih populer di Indonesia.

Namun, terdapat beberapa konsumen yang tidak mengetahui apakah produk skincare yang mereka gunakan adalah produk lokal atau impor.

Oleh karena itu, penting bagi konsumen untuk memperhatikan asal-usul produk skincare yang mereka gunakan agar dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article