Review Film “Tuhan, Izinkan Aku Berdosa”: Tebalkan Iman dan Siap-siap Emosi Terkuras

unnie
By unnie
3 Min Read
Review Film “Tuhan, Izinkan Aku Berdosa”: Tebalkan Iman dan Siap-siap Emosi Terkuras
Review Film “Tuhan, Izinkan Aku Berdosa”: Tebalkan Iman dan Siap-siap Emosi Terkuras

Jfid – Film “Tuhan, Izinkan Aku Berdosa,” yang digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo dan ditulis oleh Ifan Ismail, telah tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai 22 Mei 2024.

Film ini sebelumnya sukses ditayangkan di Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2023 dan telah menarik perhatian banyak penonton.

Film ini mengadaptasi buku kontroversial berjudul “Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur” karya penulis Muhidin M Dahlan, yang membahas tentang kekerasan seksual yang dihadapi seorang santriwati di sebuah pesantren.

Berikut adalah ulasan mendalam tentang film ini:

  • Sinopsis:
    • Nidah Kirani (diperankan oleh Aghniny Haque), seorang mahasiswi yang juga mengikuti kajian Quran di kampusnya, terbilang cerdas dan menarik perhatian banyak teman dan dosennya.
    • Kesulitan ekonomi membuat Kiran terpaksa tinggal bersama mucikari bernama Mbak Ami agar bisa menyisihkan sedikit uang yang dikirim orang tuanya.
    • Namun, tempat prostitusi yang dijalankan Mbak Ami ternyata juga diteror oleh sekelompok pemuda Islam yang tak ingin ada tempat maksiat di kampung itu.
    • Kiran kemudian ditawarkan untuk tinggal bersama lingkaran teman-teman kajiannya, tanpa menyadari bahwa mereka merupakan bagian dari organisasi Islam Dardariyah yang menganut paham radikal.
    • Abu Darda, pemimpin organisasi tersebut, ingin memperistri Kiran.Namun, saat ijab kabul, Kiran dijebak dan harus menghadapi masalah yang mengancam hidupnya.
  • Pemeran Utama:
    • Aghniny Haque berhasil menghipnotis para penonton dengan perannya sebagai Nidah Kirani.Aktingnya menggambarkan karakter Kiran dengan sangat mendalam, mulai dari perasaan hingga perjuangannya melawan masalah dalam hidupnya.
    • Film ini menggunakan teknologi canggih dan alur maju-mundur untuk mengaduk-aduk perasaan penonton.Beberapa penonton bahkan meneteskan air mata saat menyaksikan perjuangan Kiran.
    • Meskipun diadaptasi dari novel yang terbit pada tahun 2000-an, film ini tetap relevan dan menghadirkan drama, laga, thriller, serta pesan yang mengharuskan penonton menonton hingga akhir.

Film “Tuhan, Izinkan Aku Berdosa” bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga mengajak penonton merenung tentang isu-isu sosial dan agama.

Dengan akting luar biasa dari Aghniny Haque, film ini patut menjadi sorotan bagi para pecinta perfilman Indonesia. 🎬🇮🇩

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article