PMD Gelar Rapat Pendamping RAPBDES Tahun 2020

aditmahatva By aditmahatva
2 Min Read

jf.id – Pemkab Muara Enim melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) menggelar rapat koordinasi Pendamping RAPBDES Tahun 2020 untuk 3 Kecamatan di Semende SDU, SDT, SDL Bertempat di aula Kantor PMD, Senin (17/02/2020)

Kepala Dinas PMD Pemkab MuaraEnim Drs.Emran Tabrani menekankan bahwa agar setiap Kepala Desa dan pendamping Desa dalam penyusunan APBDES Tahun 2020 harus sesuai dengan Prioritas Penggunaan DD dan ADD dengan mengacu pada hasil musyawarah Desa dan prioritas Desa masing-masing.

Disamping itu diharapkan agar program yang telah di canangkan tepat sasaran, dan lebih prioritas ke pembangunan ekonomi masyarakat.

“Dengan menghidupkan program Pemberdayaan Masyarakat Desa yaitu usaha tani, jual beli hasil bumi, peternakan dan pelatihan pelatihan kerja keterampilan, wirausaha, UMKM dan sebagainya,” jelasnya.

Masih kata Emran, berdasarkan recomendasi dari Dinas Damkar pemkab Muara Enim untuk mengantisipasi dan menanggulangi kebakaran rumah dan lahan di tingkat Desa, setiap Desa Wajib menganggarkan alat pemadam berupa mesin pompa portabel dalam setiap RAPBDES.

Selain itu pemerintah Desa harus menghidupkan Program penggerak PKK di tingkat Desa, dan membangun perpustakaan Desa.

“Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Dan Visi Misi program kerja Bupati Ir.Ahmad Yani dan H.Juarsah.SH yg ingin mewujudkan Kabupaten Muara Enim yg Berdaya Saing, Mandiri dan Sejahtera yang pada intinya untuk menghidupkan dan menumbuhkan ekonomi masyarakat secara merata sampai di tingkat desa desa,” Pungkasnya.

Share This Article