Perlawanan Covid-19, Mendagri Optimis NTB Mampu Sukseskan Pilkada Serentak 2020

Lalu Nursaid
3 Min Read

jfID – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak akan berlangsung di ratusan daerah di Indonesia. Begitu juga di NTB, Pilkada akan digelar di tujuh Kabupaten/Kota. Namun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Pilkada kali ini akan terasa sangat berbeda dikarenakan pandemi Covid-19.

Protokol kesehatan Covid-19, mewajibkan menjaga jarak dan menghindari kerumunan, tentu harus dilakukan dengan baik pada setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal inilah yang diungkapkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Prof. Dr. H.M Tito Karnavian dalam kunjungan kerjanya ke NTB, bertempat di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB Menteri Tito menyampaikan arahannya terkait Pilkada di masa pandemi, Selasa 21 Juli 2020.

Tak hanya Mendagri, NTB kali ini juga turut dikunjungi oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, Kepala Staf Umum TNI, Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto, Wakapolri, Komisaris Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono dan Wakil Ketua I DPD RI, Nono Sampono.

Dalam kesempatan tersebut, Tito menyebutkan bahwa momentum Pilkada bukan menjadi media penularan, tetapi justru menjadi gelombang memobilisasi masyarakat untuk menjadi agen perlawanan Covid-19.

“Seperti kita ketahui, Pilkada ini akan dimulai 9 Desember mendatang, hari puncaknya pemungutan suara,” ucap Tito.

Sebelumnya, mantan Kapolri ini mengungkapkan bahwa Pilkada tahun ini yang semula akan berlangsung pada bulan September terpaksa harus diundur ke bulan Desember. Hal ini tidak lain diakibatkan oleh kasus positif Covid-19 yang masih tinggi di sejumlah daerah.

“Oleh karena itu, Covid-19 yang melanda seluruh dunia harus disikapi dengan baik dan bijak. Berbagai upayapun dilakukan agar penanganan dapat berjalan cepat dan tepat,” tegasnya.

Terakhir, Tito mengapresiasi NTB yang telah menuntaskan anggaran terkait penyelenggaraan Pilkada, Ia pun meminta daerah yang belum tuntas terkait penganggaran Pilkada agar segera merampungkannya.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada yang sudah seratus persen ini, untuk KPU, Bawaslu maupun pengamanan, yaitu Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Sumbawa,” tutupnya.

Sementara itu, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah yakin bahwa Pilkada serentak yang akan segera berlangsung dapat berjalan lancar dan sukses. Berbagai persiapan pun telah dilakukan demi menyukseskan Pilkada dimasa pandemi Covid-19 ini.

“Semuanya sudah siap, Insya Allah, anggaran sudah dialokasikan, sudah ditransfer dan mudah-mudahan NTB sudah siap menyelenggarakan Pilkada 2020,” harap Gubernur yang akrab disapa Bang Zul tersebut.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

TAGGED:
Share This Article