Pendataan dan Penyaluran BLT DD Pandan Indah Dilakukan Door To Door

M. Rizwan
2 Min Read

JfID – Pemerintah Desa Pandan Indah, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) yang bersumber dari BLT DD untuk warganya, dengan mendatangi rumah penduduk di setiap Dusunnya (Door to Door). Rabu, 13 Mei 2020.

“intinya, kami bukan tidak percaya sama kepala Dusun, kami hanya ingin bersama pastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran, sekaligus sebagai bentuk transparansi kami,” kata M. Siddik, Sekdes Pandan Indah.

Diketahui, metode door to door dalam penyerahan BLT DD tersebut dilakukan untuk melakukan pendampingan langsung kepada masyarakat setempat.

“alhamdulillah, setiap kami turun selalu mendampingi, Kepala Dusun sudah memilik data warganya yang sudah mendapatkan bantuan atau tidak,” sebut M. Siddik.

Sementara itu, dalam proses pendataan dan penyalurannya, Kepala Desa Pandan Indah, Anhar, S. Pd, membentuk tim relawan pendataan dengan menunjuk beberapa orang yang dikira mampu dan bijak dalam berbuat.

“terbentuk semacam tim relawan pendataan untuk calon penerima BLT Desa dan kebetulan diketuai oleh Maihar, S. Pd I, Ketua BPD dan saya sendiri, Muhammad Siddik, S. Pd, selaku Sekertarisnya,” terang M. Siddik, Sekdes Pandan Indah.

Pembentukan tim relawan pendataan menurut keterangan Sekdes Pandan Indah, M. Siddik bertujuan agar masyarakat yang di data merasa didampingi oleh Pemerintah Desa.

“kami tidak mau dibilang pilih kasih dalam memberikan bantuan, tidak tepat sasaran. Oleh karenanya kami turun ke masing-masing Dusun untuk memastikan calon penerima bantuan memang layak atau tidak,” tandasnya.

Bantuan BLT DD tersebut juga untuk warga yang sama sekali belum pernah tersentuh oleh Bantuan Sosial dari Pemerintah.

“kami berkaca dari beberapa bantuan yang ada, sangat miris, kami dari pihak Pemdes tidak bisa berbuat banyak atas bantuan yang diberikan oleh Pusat, JPS Gemilang, JPS Bersatu,” imbuh M. Siddik.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article