RSUD Bangkalan Terima Bantuan 100 APD dan 1000 Masker Dari Pemprov Jatim

Rasyiqi
By Rasyiqi
3 Min Read

JfID– Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syarifah Ambami (Syamrabu) Bangkalan, Madura, disebut menerima bantuan perlengkapan medis berupa Alat Pelindung Diri (APD) dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Tak hanya APD, RSUD Syamrabu juga menerima bantuan berupa masker dari Pemrov Jatim. Hal itu diungkapkan Wakil Direktur (Wadir) RSUD Syarifah Ambami Dr. Farhat Suryaningrat.

“Iya kami menerima bantuan APD dan masker kemarin dari ibu khofifah,” kata Ra Farhat sapaan lekatnya saat dihubungi melalui sambungan seluler. Rabu (25/03/2020) siang.

Ra Farhat menuturkan, bantuan APD yang diterima RSUD dari Pemrov Jatim sebanyak 100 buah serta 1000 masker. Sebelum bantuan itu datang, terangnya, stok APD di RSUD sangat terbatas.

“Terbatas, kemarin itu kita menggunakan stok kita. Secara internal kita sudah order cuman barangnya sulit dan belum ada, jadi terbatas sekali. Untungnya ada dari provinsi, mungkin bertahan satu minggu atau dua minggu,” ungkapnya.

Pihaknya kata Ra Farhat dalam menjalankan tugas menghadapi pandemi Covid 19 sebelum datang bantuan itu sempat menggunakan APD dari jenis jas hujan. Demikian, sambungnya, untuk kepentingan keselamatan tenaga medis.

“Karena yang resiko itu bagi teman- teman yang bertugas diruang isolasi, diruang rawat penyakit menular dan IGD,” tuturnya.

Menurutnya, jika bantuan dari Pemrov itu pada akhirnya habis, karena hanya bisa dipakai satu kali, tidak menutup kemungkinan akan menggunakan jas hujan lagi untuk melindungi tenaga medis saat bekerja menangani pasien.

“Nanti kalau habis ya pakai jas hujan lagi, kalau gak gitu kasian teman- teman. Kita fokus ke temen-temen di lapangan, dimana mereka juga harus aman, karena yang paling resiko itu di tenaga Pelayanan,” ujarnya.

Ia juga mengaku sudah mengajukan permohonan bantuan kepada Pemerintah Pusat. Akan tetapi, ujar dia, sampai detik ini bantuan itu belum datang. Untuk APD yang pemesanannya khusus dari RSUD, lanjutnya, kemungkinan akan datang dalam waktu dekat.

“Kemungkinan yang kami pesan sendiri minggu depan akan datang. Karena APD setelah dipakai langsung dibuang,” tandasnnya.

Untuk diketahui, RSUD Syarifah Ambami atau Syamrabu Bangkalan merupakan salah satu rumah sakit rujukan untuk penanganan Corona Virus Desease (Covid) 19 di Jawa Timur. Berdasarkan penuturan Ketua Tim Satgas penanganan Covid 19 RSUD Syamrabu, Dr Catur Budi, Selasa (24/03) kemarin, terdapat satu pasien berstatus PDP sedang menjalani isolasi di RSUD tipe B itu.

Penulis: Syahril
Editor : Ning

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article