Libur Nasional Maulid Nabi 2023: Antara Kejepit dan Keberkahan

Noer Huda
4 Min Read
Seni grafis yang menggambarkan tema Libur Nasional Maulid Nabi 2023 (ilustrasi/jfid)

jfid – Mauljid Nabi Muhammad SAW adalah salah satu peringatan hari besar Islam yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Maulid Nabi adalah momen untuk mengenang dan meneladani kisah hidup, ajaran, dan akhlak Nabi Muhammad SAW, yang merupakan utusan Allah SWT yang terakhir dan terbaik.

Maulid Nabi jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awwal dalam kalender Hijriah, yang berdasarkan perhitungan astronomi, bertepatan dengan tanggal 28 September 2023 dalam kalender Masehi. Pemerintah Indonesia telah menetapkan tanggal tersebut sebagai hari libur nasional, sebagaimana termuat dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023.

Namun, ada yang berbeda dengan libur nasional Maulid Nabi tahun ini. Jika biasanya libur nasional Maulid Nabi diikuti dengan cuti bersama, tahun ini tidak ada cuti bersama untuk bulan September. Artinya, hanya ada satu hari libur nasional, yaitu pada hari Kamis, 28 September 2023. Hari berikutnya, yaitu Jumat, 29 September 2023, adalah hari kerja biasa.

Hal ini tentu menimbulkan berbagai reaksi dari masyarakat. Ada yang merasa kecewa karena tidak bisa memanfaatkan libur nasional untuk berlibur atau mudik. Ada juga yang merasa lega karena tidak perlu mengurangi hak cuti tahunannya. Ada pula yang merasa bersyukur karena bisa mengisi libur nasional dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, seperti beribadah, bersilaturahmi, atau berbagi dengan sesama.

Bagi yang merasa kecewa, sebenarnya tidak perlu bersedih. Libur nasional Maulid Nabi bukanlah libur yang kejepit, melainkan libur yang keberkahan. Libur nasional Maulid Nabi adalah kesempatan untuk mengenal lebih dekat sosok Nabi Muhammad SAW, yang merupakan suri tauladan bagi umat Islam. Libur nasional Maulid Nabi adalah waktu yang tepat untuk membaca dan mempelajari sirah nabawiyah, yaitu riwayat hidup Nabi Muhammad SAW, yang penuh dengan kisah-kisah inspiratif dan teladan.

Libur nasional Maulid Nabi juga adalah momen untuk mengucapkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, yang merupakan salah satu bentuk penghormatan dan cinta kepada beliau. Shalawat adalah doa yang mengandung pujian dan permohonan ampunan kepada Allah SWT untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya. Shalawat adalah amalan yang sangat mulia dan bermanfaat, baik di dunia maupun di akhirat.

Libur nasional Maulid Nabi juga adalah kesempatan untuk mengikuti berbagai acara peringatan yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga, organisasi, atau komunitas. Acara-acara tersebut biasanya berisi ceramah, tausiyah, diskusi, hiburan, atau lomba-lomba yang berkaitan dengan tema Maulid Nabi. Acara-acara tersebut bisa menjadi sarana untuk menambah ilmu, mempererat ukhuwah, dan menghibur diri.

Libur nasional Maulid Nabi juga adalah waktu yang baik untuk berbagi dengan sesama, terutama dengan mereka yang membutuhkan. Berbagi bisa berupa materi, seperti uang, pakaian, makanan, atau barang-barang lainnya. Berbagi juga bisa berupa non-materi, seperti senyum, salam, doa, atau nasihat. Berbagi adalah salah satu cara untuk meneladani sifat Nabi Muhammad SAW, yang dikenal sebagai orang yang dermawan, murah hati, dan peduli.

Jadi, libur nasional Maulid Nabi 2023 bukanlah libur yang sia-sia, melainkan libur yang berkah. Libur nasional Maulid Nabi 2023 adalah libur yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan iman, ilmu, dan amal. Libur nasional Maulid Nabi 2023 adalah libur yang bisa diisi dengan kegiatan-kegiatan yang mendekatkan diri kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Libur nasional Maulid Nabi 2023 adalah libur yang bisa membuat kita menjadi lebih baik, lebih bahagia, dan lebih beruntung.

Semoga libur nasional Maulid Nabi 2023 menjadi libur yang berkesan dan bermakna bagi kita semua. Aamiin.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article