Kakanwil Menkumham Sumut Angkat Bicara

Rasyiqi
By Rasyiqi
3 Min Read

jfID – Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut Sutrisno menyambut baik kedatangan Kepala Perwakilan Sumut Jurnalfaktual.id, Juliver Lubis di kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara Jl. Balai Kota Medan, Rabu (15/7/20).

Pertemuan ini merupakan silaturahmi, karena Kakanwil baru 3 bulan menjabat sekaligus untuk melakukan pembicaraan lanjutan setelah diadakannya gathering media di Rutan kelas I Medan.

Dalam pertemuan silaturahmi tersebut ketika dipertanyakan terkait adanya pungutan biaya untuk pengurusan Pembebasan Bersyarat dan Asimilasi, Kakanwil Menkumham Sutrisno mengatakan kalau sampai saat ini tidak ada pungutan biaya untuk pengurusan itu.

Lebih lanjut dikatakannya bilamana terbukti adanya pungutan, saya akan tindak tegas dan kami juga tidak bisa serta Merta menindak tanpa adanya bukti kuat akan hal itu.

Selain itu, terkait dengan pungutan lainnya, Sutrisno membantah karena segala sesuatunya dalam hal kinerja di Lapas maupun Rutan tetap harus benar-benar ada bukti kuat agar bisa ditindak tegas.

Awak media kembali mempertanyakan tentang pencegahan Covid19 di Rutan maupun di Lapas Kelas I dan kegiatan pembinaan kepada warga binaan.

Dengan santai Sutrisno menjelaskan kalau saat ini kami tidak memperbolehkan keluarga untuk bertemu dengan warga binaan guna untuk mencegah covid19, kami hanya memberikan fasilitas Videocall jika keluarga warga binaan datang menjenguk.

Nah, kalau tahanan pengadilan yang akan memasuki Rutan atau pun Lapas kami melakukan sesuai dengan protokol kesehatan ditambah lagi dengan menempatkan ke ruang isolasi selama 14 hari dan selanjutnya dilakukan lagi tes dan bilamana sudah betul-betul aman barulah kita gabungkan dengan warga binaan lainnya, ujarnya.

Selanjutnya Sutrisno menambahkan bagi Warga binaan kami memberikan kegiatan kerajinan, olahraga dan pembinaan rohani melalui ibadah yang dilaksanakan di Lapas.

Saya berterima kasih atas kedatangan para awak media yang sudah memberikan informasi dan masukan sehingga kami bisa menjadi lebih baik.

Di akhir pertemuan Sutrisno menyampaikan terima kasih dan untuk informasi adanya pungutan liar dan kekurangan kinerja di Lapas menjadi masukan kepada saya dan akan saya lakukan kontrol yang lebih ketat lagi.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article