Israel, Negara Kecil Tapi Punya Militer Paling ‘Gahar’ di Dunia!

Noer Huda By Noer Huda - Content Creator
3 Min Read

jfid – Israel adalah negara kecil di Timur Tengah yang selalu berada dalam konflik dengan tetangganya, terutama Palestina.

Namun, jangan salah, Israel memiliki militer yang sangat kuat dan canggih, yang mampu menghadapi ancaman dari berbagai pihak.

Militer Israel, yang dikenal sebagai Pasukan Pertahanan Israel (IDF), memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang kekuatan militer Israel:

  • Personel: IDF memiliki hampir 170.000 personel militer aktif, yang terdiri dari angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara. Selain itu, ada lebih dari 3 juta pria dan wanita warga Israel yang siap dipanggil kapan saja untuk dinas militer. Jumlah ini sangat besar untuk sebuah negara dengan populasi sekitar 9 juta jiwa. IDF juga dikenal memiliki prajurit-prajurit yang terlatih dengan baik, termasuk unit khusus seperti Sayeret Matkal dan Mossad.
  • Pendanaan: Israel menghabiskan sekitar 5,3 persen dari produk domestik bruto (PDB) nya untuk bidang pertahanan, yang merupakan salah satu yang tertinggi di dunia. Pada tahun 2023, anggaran pertahanan Israel mencapai 20,5 miliar dolar AS, atau sekitar 320 triliun rupiah. Sebagian besar dana ini berasal dari bantuan militer dari Amerika Serikat, yang mencapai 3,8 miliar dolar AS per tahun.
  • Persenjataan: Israel memiliki persenjataan yang sangat modern dan lengkap, mulai dari senjata ringan hingga senjata nuklir. Israel memiliki sekitar 3.000 tank, 1.500 kendaraan lapis baja, 700 helikopter, 600 pesawat tempur, dan 65 kapal perang. Israel juga memiliki sistem pertahanan rudal yang canggih, seperti Iron Dome, Arrow, dan David’s Sling, yang mampu menangkal serangan roket dan misil dari musuh. Selain itu, Israel juga memiliki senjata nuklir, yang diperkirakan berjumlah antara 80 hingga 200 hulu ledak, meskipun tidak pernah secara resmi mengakui hal ini.
  • Prestasi: IDF telah terlibat dalam berbagai perang dan operasi militer sejak berdirinya negara Israel pada tahun 1948. Beberapa di antaranya adalah Perang Arab-Israel (1948-1949), Krisis Suez (1956), Perang Enam Hari (1967), Perang Yom Kippur (1973), Operasi Entebbe (1976), Perang Lebanon (1982 dan 2006), Intifada (1987 dan 2000), dan Perang Gaza (2008, 2012, dan 2014). Dalam banyak kasus, IDF berhasil mengalahkan musuh-musuhnya, meskipun menghadapi tantangan yang besar. IDF juga dikenal memiliki kemampuan intelijen dan sabotase yang luar biasa, seperti pembunuhan ilmuwan nuklir Iran dan penghancuran reaktor nuklir Irak dan Suriah.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa militer Israel adalah kekuatan yang tak bisa diremehkan. Meskipun berada dalam lingkungan yang penuh konflik, Israel tetap mampu mempertahankan kedaulatan dan keamanannya.

IDF juga terus berinovasi dan mengembangkan teknologi militer yang lebih maju dan efektif. Israel adalah contoh nyata bahwa ukuran bukan segalanya dalam hal militer.

TAGGED:
Share This Article