Hari Ataksia Internasional: Menyuarakan Kesadaran dan Kepedulian

Rasyiqi
By Rasyiqi
3 Min Read

jfid – Tanggal 25 September 2023, sebuah tanggal yang tampak biasa bagi banyak orang, namun bagi sekelompok orang, ini adalah hari yang sangat penting.

Tanggal ini diperingati sebagai Hari Kesadaran Ataksia Internasional atau International Ataxia Awareness Day (IAAD).

Ataksia, sebuah kata yang mungkin asing bagi sebagian besar dari kita, adalah gangguan gerakan tubuh yang disebabkan masalah pada otak.

Saat terserang ataksia, seseorang sulit menggerakkan tubuh1. Penyakit ini mempengaruhi satu dari 50.000 orang di seluruh dunia.

Peringatan Hari Kesadaran Ataksia Internasional dicetuskan pertama kali oleh National Ataxia Foundation (NAF), sebuah organisasi yang dibentuk pada tahun 1957 di Amerika Serikat yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran tentang gangguan neurologis ini.

Pada tahun 1999, National Institutes of Health (NIH) mensponsori Konferensi Ataksia Friedreich Internasional. Konferensi ini merupakan batu loncatan untuk Hari Kesadaran Ataksia Internasional pertama kali pada tanggal 25 September 2000.

Peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran global tentang ataksia serta menumbuhkan kepedulian kepada yang mengalaminya. Hari Kesadaran Ataksia juga bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri pasien yang menderita penyakit ataksia.

Sebab, ataksia tidak bisa dianggap enteng karena bisa berakibat fatal dalam beberapa kasus. Maka penting untuk memberikan dukungan fisik dan emosional kepada pasien dengan ataksia.

Untuk mendukung peringatan Hari Kesadaran Ataksia Internasional, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti dengan menjadi sukarelawan untuk kampanye kesadaran, menyumbangkan dana, mendidik diri sendiri, atau hanya memeriksakan kesehatan Anda untuk mendeteksi tanda-tanda gangguan yang mungkin terjadi.

National Ataxia Foundation (NAF) mengajak semua lapisan masyarakat di seluruh dunia untuk mendukung kampanye Hari Kesadaran Ataksia Internasional pada tanggal 25 September 20231.

Mari kita semua berpartisipasi dalam peringatan ini, baik dengan berbagi informasi, memberikan dukungan, atau bahkan menjadi sukarelawan. Setiap upaya kecil dapat membuat perbedaan yang besar dalam kehidupan mereka yang terkena dampak ataksia.

Mari kita tunjukkan bahwa kita peduli dan bahwa mereka tidak sendirian dalam perjuangan ini. Selamat Hari Ataksia Internasional!, anda bisa berdonasi melalui NAF Donation

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article