Gebrakan Pertama DPD II KNPI Lombok Barat, Membangun Desa

Syahril Abdillah By Syahril Abdillah
4 Min Read
Pelatihan Karang Taruna Desa Oleh DPD KNPI II Lombok Tengah (Foto: Muh Rizwan)
Pelatihan Karang Taruna Desa Oleh DPD KNPI II Lombok Tengah (Foto: Muh Rizwan)

Lombok Barat,- Sinergisitas menjadi motivasi bersama antara DPD II KNPI Lombok Barat dengan Karang Taruna Desa Gegelang, Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat dalam membangun Lombok Barat. Hal itulah yang membuat dua elemen perkumpulan pemuda ini mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas pemuda Karang Taruna, Hari ini, 15/10/2019.

Pelatihan peningkatan kapasitas karang taruna ini, diharapkan outputnya mampu membuat Pemuada-pemudi yang terhimpun dalam Karang Taruna berfikir maju untuk mendukung pembangunan di Lombok Barat.


“tujuan dari kegiatan pelatihan ini untuk bisa menjalankan sinergisitas antar dua lembaga kepemudaan di Lombok Barat, pemuda sekarang dituntut untuk mampu berfikir kritis dalam melihat kondisi ke daerahan dan lingkunganya masing-masing, dan untuk men-support hal tersebut, maka pemuda mesti punya kapasitas dan kapabilitas dalam melihat kondisi tersebut,” ujar Sekjend DPD II KNPI Lombok Barat.

Sementara itu, pihak Pemerintah Desa Gegelang menyambut baik kegiatan pelatihan tersebut. Dalam hal ini, Sekretaris Desa Gegelang menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini diupayakan agar pemuda di Desa Gegelang mampu melihat potensi Desa nya dengan Pro aktive.


“saya bersyukur ada inisiative dari Karang Taruna di Desa kami, sekaligus berterima kasih kepada saudara-saudari dari DPD II KNPI Lombok Barat, dengan pelatihan ini, saya tidam menginginkan pemuda kami di Desa ini monoton dan harus Pro aktive dalam melihat potensi Desa nya” ungkap Azmi, sapaan Akrab Sekdes Gegelang.

Selanjutnya, Azmi juga menjelaskan bahwa Pemerintah Desa Gegelang, Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat akan sekuat tenaga untuk membantu ide-ide yang ditelurkan oleh elemen kepemudaan.


“saya sanksi, saya bersama Kepala Desa akan memfasilitasi teman-teman pemuda untuk membangun bersama khususnya Desa wisata yang kita akan bangun, Desa ini sebentar lagi akan menjadi “Desa Bunga”, bukan tanpa alasan Desa ini disebut “Desa Bunga”, sebab beberapa dekade yang lalu, Desa ini sempat viral sebab di semua sudut Desanya terdapat bunga-bunga yang tumbuh sedap dipandang mata, oleh sebab itu, tepat kiranya untuk mengadopsi statemen saudara sekjend DPD II KNPI Lombok Barat untum mari bersinergi untuk membagun Lombok Barat” jelas Azmi, Sekdes Gegelang.

Terpisah, Taufiqurrahman, Sekjend DPD II KNPI Lombok Barat yang mengisi materi dalam pelatihan peningkatan kapasitas Karang Taruna tersebut mengungkapkan bahwa pemuda adalah manivestasi dan investasi masa depan Lombok Barat, sehingga pemuda dituntut untuk lebih progressive melihat perkembangan masa sekarang untuk masa depan Kabupaten.


” kita adalah pemuda, merupakan manivestasi dan investasi masa depan Kabupaten Lombok Barat, oleh sebab itu ayolah wahai pemuda, mari saling bahu membahu membangun bangsa kita umumnya dan Lombok Barat khususnya mulai dari pedesaan, pemuda harus mampu membangun nalar kritis dalam membangun kabupaten, mari bersinergi, kita boleh berbeda jalan akan tetapi visi dan misi kita untuk membangun bangsa ini harus menyatu,” ajak Taufiq.

Ajakan Taufiq ini bukan tanpa alasan, sebab pemerintah pusat pun sedang concen membangun Indonesia melalui Desa.


“desa adalah tempat dimana potensi alam dan potensi bangsa yang melimpah ruah, jika kita kelola dengan baik, maka tepat sekali jargon “membangun Indonesia melalui Desa” akan terealisasi, di Kota mungkin kita akan menemukan pembangunan gedung, akan tetapi di Desa, kita akan melihat pembangun Indonesia yang sesungguhnya” tutup Taufiq.

Laporan: Muh Rizwan

Share This Article