Gaji ke-13 Pensiunan PNS: Cair Mulai 3 Juni 2024

unnie
By unnie
4 Min Read
Gaji Ke-13 PNS Dihapus? Ini Fakta Sebenarnya!
Gaji Ke-13 PNS Dihapus? Ini Fakta Sebenarnya!

Jfid – Kabar gembira bagi para pensiunan PNS di seluruh Indonesia.Pemerintah telah mengumumkan bahwa gaji ke-13 untuk tahun 2024 akan segera cair mulai tanggal 3 Juni.

Keputusan ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2024 tentang Pemberian Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan.

Apa Itu Gaji ke-13?

Gaji ke-13 adalah tunjangan tahunan yang diberikan kepada aparatur negara dan pensiunan sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa mereka selama mengabdi kepada negara.

Pembayaran ini merupakan tambahan dari gaji bulanan yang biasa diterima.

Siapa Saja yang Berhak Menerima?

Gaji ke-13 diberikan kepada aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan.

Tahun ini, penyaluran gaji ke-13 belas ini dilakukan sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Bagaimana Besarannya?

Besaran gaji ke-13 tahun 2024 ditetapkan berdasarkan komponen penghasilan yang dibayarkan pada bulan Mei 2024.

Komponen tersebut meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tambahan penghasilan.

PT Taspen, sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas penyaluran dana pensiun, telah mengkonfirmasi bahwa pembayaran akan dilakukan secara langsung ke rekening setiap peserta.

Kapan dan Bagaimana Proses Pencairannya?

Pencairan gaji ke-13 dijadwalkan paling cepat pada tanggal 3 Juni 2024.

Proses pencairan akan dilakukan secara langsung ke rekening penerima tanpa potongan iuran, kredit pensiun, atau potongan lainnya, kecuali pajak penghasilan sesuai aturan yang berlaku.

Apa Saja Ketentuan Lainnya?

PT Taspen juga mengingatkan untuk mewaspadai penipuan yang mengatasnamakan lembaga tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut, penerima dapat menghubungi kantor cabang Taspen terdekat atau call center resmi.

Mengapa Ini Penting?

Pembayaran gaji ke-13 merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan apresiasi kepada mereka yang telah mengabdi.

Ini juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan para pensiunan yang telah memberikan kontribusi besar kepada bangsa dan negara.

Berita ini menjadi sangat relevan mengingat situasi ekonomi saat ini di mana banyak pensiunan mengandalkan gaji dan tunjangan mereka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dengan adanya pencairan gaji ke-13 yang lebih cepat dibandingkan tahun lalu, diharapkan dapat memberikan sedikit lega bagi para pensiunan di tengah inflasi yang terjadi.

Pencairan gaji ke-13 ini juga menjadi sorotan karena kenaikan komponen yang dibayarkan, yang mencerminkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan pensiunan.

Ini menjadi hook yang menarik bagi pembaca karena menunjukkan respons pemerintah terhadap kondisi sosial ekonomi saat ini.

Dengan pencairan gaji ke-13 yang akan segera dilakukan, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para pensiunan PNS.

Ini adalah langkah nyata dari pemerintah dalam menghargai jasa para pensiunan dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan mereka.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai gaji ke-13 dan proses pencairannya, pembaca dapat mengunjungi situs resmi PT Taspen atau menghubungi call center yang telah disediakan.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article