Daftar Buah-buahan yang Bisa Membantu Program Diet Anda

ZAJ
By ZAJ
4 Min Read
Diet Sehat dengan buah-buahan yang segar dan alami

jfid – Diet merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh.

Namun, diet tidak berarti harus mengurangi asupan makanan secara drastis atau membatasi diri dari makanan yang disukai.

Diet yang sehat dan alami adalah diet yang seimbang dan memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Salah satu komponen penting dalam diet sehat adalah buah-buahan.

Buah-buahan mengandung berbagai vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang bermanfaat bagi tubuh.

Selain itu, buah-buahan juga rendah kalori dan banyak mengandung air, sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan berlebih.

Namun, tidak semua buah-buahan cocok untuk diet.

Ada beberapa buah-buahan yang memiliki kandungan gula, karbohidrat, atau lemak yang tinggi, sehingga bisa menambah kalori dan berat badan.

Oleh karena itu, Anda perlu memilih buah-buahan yang tepat untuk diet, yaitu buah-buahan yang kaya serat, air, dan nutrisi, tetapi rendah kalori, gula, dan lemak.

Berikut adalah daftar beberapa buah-buahan yang bisa dijadikan pilihan untuk diet, beserta khasiat dan manfaatnya.

  • Apel: Apel merupakan buah yang kaya akan serat, terutama pektin, yang bisa membantu menekan nafsu makan dan mengurangi kadar lemak tubuh. Apel juga mengandung karbohidrat, vitamin C, flavonol, dan quercetin, yang bermanfaat sebagai antioksidan, antiradang, dan antikanker.
  • Stroberi: Stroberi mengandung ellagic acid, yang merupakan antioksidan yang bisa menghambat pertumbuhan tumor pada beberapa organ tubuh. Stroberi juga kaya akan vitamin C, yang bisa meningkatkan sistem imun dan kesehatan kulit. Selain itu, stroberi rendah kalori dan gula, sehingga cocok untuk diet.
  • Pisang: Pisang merupakan buah yang kaya akan vitamin B6, yang dibutuhkan untuk membuat serotonin, yaitu zat kimia otak yang bisa mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan, dan membuat relaks. Pisang juga mengandung karbohidrat, potasium, dan magnesium, yang bisa memberi energi dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.
  • Melon: Melon merupakan buah yang rendah kalori karena kadar airnya yang tinggi, yaitu sekitar 90%. Melon juga kaya akan vitamin C, vitamin A, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium, yang bisa menjaga kesehatan mata, tulang, otot, dan jantung. Selain itu, melon mengandung lycopene, yang berfungsi sebagai antikanker.
  • Jeruk bali: Jeruk bali atau grapefruit cocok sebagai buah untuk diet karena kalorinya yang sangat rendah, yaitu sekitar 51,7 kkal untuk setengah buah. Jeruk bali juga kaya akan serat larut air, vitamin C, vitamin A, kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium, yang bisa membantu pencernaan, imunitas, dan kesehatan tulang. Selain itu, jeruk bali mengandung enzim yang bisa membantu membakar lemak.

Itulah beberapa buah-buahan yang bisa membantu program diet Anda.

Selain mengonsumsi buah-buahan, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti sayuran, biji-bijian, protein, dan lemak sehat, serta minum air putih yang cukup.

Jangan lupa juga untuk berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup untuk mendapatkan hasil yang optimal.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

TAGGED:
Share This Article