Buaya di Talang Nambakor Saronggi, Hoak!

Deni Puja Pranata
2 Min Read

jfID – Telah viral sebuah informasi sesat, berbentuk video berdurasi 00.24 detik. Menyebutkan, jika ada Buaya di Talang Saronggi, tepat di Timur Bunyok lokasi tambak PT. Garam.

Video yang tersebar, sekitar pukul 10.30 Wib, menggegerkan masyarakat Sumenep. Pasalnya, masyarakat ingin tahu langsung penangkapan Buaya seperti yang dipertontonkan di Video.

“Saya langsung ke lokasi, ingin tahu wujud asli Buaya yang masuk ke tambak PT. Garam. Saya dari Kolor,” ujar Acik, warga desa Kolor, saat ditanya jurnalfaktual.id. Senin (20/7/2020).

Masyarakat yang termakan informasi palsu, ingin tahu adanya Buaya di Pergaraman PT Garam Saronggi (foto: redaksi)

Investigasi jurnalfaktual.id ke lokasi, mencoba menelusuri kebenaran adanya Buaya yang masuk ke pergaraman PT. Garam. Agus, Satpam Lokasi Pergaraman PT. Garam di Saronggi, menjelaskan;

“Tidak ada Buaya, tidak ada buaya disekitar lokasi sungai Nambakor. Itu bohong,” tegas Agus, Satpam Lokasi Pergaraman PT Garam.

Dilain hal, IPTU Wahyudi. Kapolsek Saronggi mempertegas disinformasi Video yang tersebar di grup-grup WhatsApp.

“Setelah personel kami melakukan pengecekan ke lokasi. Tidak ada Buaya di kawasan Polsek Saronggi. Itu Video di Sulawesi. Lokasinya di persawahan bukan di tambak. Secepatnya, kami akan berkoordinasi dengan pihak Polres untuk menelusuri sumber Video palsu tersebut,” ujar Wahyudi, Kapolsek Saronggi.

IPTU Wahyudi, Kapolsek Saronggi

Pantauan jurnalfaktual.id di lokasi, masih banyak sekelompok orang dari berbagai wilayah, berdatangan ke lokasi Pergaraman PT Garam di sebelah Sungai Nambakor, Masyarakat ingin mengetahui keberadaan Buaya yang keluar dari Sungai. Seperti informasi sesat dalam Video berdurasi 00.24 detik.

Dalam Video penyebar informasi palsu tersebut, ditandai dengan kode dan simbol HC. Dan mencoba menakut-nakuti para Petani garam. “Awas hati-hati Petani garam, ada buaya yang masuk ke tambak garam,” terang visualisasi video palsu tersebut.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article