Biaya Fantastis Perang Gaza: Israel Rogoh Kocek Rp795,1 Triliun!

Noer Huda
2 Min Read
Biaya Fantastis Perang Gaza: Israel Rogoh Kocek Rp795,1 Triliun!
Biaya Fantastis Perang Gaza: Israel Rogoh Kocek Rp795,1 Triliun!

jfid – Konflik yang meruncing di Jalur Gaza antara Israel dan Hamas menimbulkan ketidakpastian ekonomi yang signifikan bagi negara Israel.

Diperkirakan bahwa perang yang diperkirakan berlangsung antara delapan hingga dua belas bulan ini akan menelan biaya fantastis sekitar 200 miliar shekel atau sekitar 51 miliar dolar Amerika, jika dikonversi dengan kurs Rp15.591 per dolar Amerika, total biaya ini mencapai Rp795,1 triliun.

Separuh dari total biaya tersebut berasal dari biaya pertahanan harian yang mencapai sekitar 1 miliar shekel. Sementara itu, 40-60 miliar shekel lainnya diperkirakan akan hilang karena penurunan pendapatan yang signifikan.

Untuk merespons situasi ini, pemerintah Israel harus menyediakan dana sebesar 17-20 miliar shekel untuk kompensasi bisnis yang terdampak dan 10-20 miliar shekel lagi untuk program rehabilitasi.

Menteri Keuangan Israel, Bezalel Smotrich, telah mengumumkan persiapan pemerintah dalam menyusun paket bantuan ekonomi bagi para korban serangan Palestina.

Paket bantuan ini diperkirakan akan jauh lebih besar dan meluas daripada bantuan yang diberikan selama pandemi COVID-19. Dengan adanya langkah ini, diharapkan masyarakat yang terdampak konflik ini dapat mendapatkan bantuan yang memadai.

Namun, penting untuk diingat bahwa dampak ekonomi konflik ini tidak hanya dirasakan oleh negara Israel, tetapi juga oleh masyarakat yang terkena dampak langsung dari konflik tersebut.

Tantangan besar di bidang ekonomi harus dihadapi oleh semua pihak terlibat, menuntut kerjasama dan solusi yang komprehensif untuk mengatasi konsekuensi sosial dan ekonomi yang timbul akibat konflik di Jalur Gaza.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article