Berikut Jumlah Pasien Positif Covid 19 dan PDP Meninggal Dunia di NTB

M. Rizwan
5 Min Read

jfID – Berdasarkan Keterangan dari Satgas Covid 19 Provinsi NTB, diterangkan bahwa terdapat 22 kasus kematian dari pasien Positif Covid 19. Sabtu, 6 Juni 2020.

Kematian 22 Pasien Positif Covid 19 tersebut diketahui setelah pada (06/06/2020) bertambah satu (1) orang yakni An. Tn. FHM, laki-laki usia 42 tahun, Warga Desa Lelede, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat setelah sebelumnya (5/06/2020) hanya 21 kasus kematian.

Adapun peta sebaran Kasus Kematian Pasien Positif Covid 19 di Provinsi NTB tercatat sebagai berikut.

  1. Kota Mataram : 11 orang.
  2. Kabupaten Lombok Barat. : 4 orang.
  3. Kabupaten Lombok Tengah : 1 orang.
  4. Kabupaten Lombok Timur : 2 orang.
  5. Kabupaten Lombok Utara. : 1 orang.
  6. Kabupaten Sumbawa Barat : 1 orang.
  7. Kabupaten Sumbawa. : 1 Orang.
  8. Kabupaten Dompu : 1 orang.
  9. Kabupaten Bima. : 0 orang.
  10. Kota Bima. : 0 orang.
  11. WNA : 0 orang.
  12. Luar Provinsi. : 0 orang.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia (5/6/2020) tercatat sebanyak 34 orang PDP meninggal dunia dengan klasifikasi sebagai berikut

a. 2 orang PDP asal Kabupaten Bima, hasil Laboratorium hasil negatif, bulan Maret dan April.

b. 1 orang PDP WNA, hasil Laboratorium negatif bulan Februari.

c. 13 orang PDP dari Kota Mataram dengan hasil konfirmasi positif 11 orang bulan Maret, April, Mei, Juni, 2 orang hasil Laboratorium negatif bulan Maret.

d. 2 orang PDP dari Kabupaten Sumbawa Barat, dengan hasil Laboratorium negatif 1 orang bulan April, 1 orang hasil konfirmasi Positif bulan April.

e. 4 orang PDP dari Kabupaten Lombok Utara, hasil Laboratorium negatif bulan April dan 1 orang hasil konfirmasi Positif bulan Mei.

f. 5 orang PDP dari Kabupaten Lombok Barat hasil Laboratorium negatif 1 orang bulan April dan 4 orang hasil konfirmasi Positif bulan Mei, Juni.

g. 1 orang PDP dari Kabupaten Dompu, hasil konfirmasi Positif bulan April.

h. 3 orang PDP dari Kabupaten Lombok Timur, dengan hasil konfirmasi Positif 2 orang pada bulan April dan Mei, 1 orang Hasil Laboratorium negatif bulan April.

i. 1 orang PDP dari Kabupaten Sumbawa dengan hasil konfirmasi Positif, bulan April.

J. 2 orang PDP dari Kabupaten Lombok Tengah, hasil Laboratorium negatif , 1 orang bulan April dan 1 orang hasil konfirmasi Positif bulan Juni.

Prihal semakin bertambahnya kasus kematian baru, Ketua Pelaksana Harian Satgas Covid 19 Provinsi NTB menerangkan bahwa sebagian besar karena disertai dengan penyakit tidak menular, seperti penyakit kardiovaskular (hypertensi, jantung), diabetes militus, atau penyakit paru kronis.

“oleh karenanya, diharapkan kepada masyarakat yang memiliki penyakit tidak menular seperti di atas untuk lebih menjaga kesehatan, segera berobat ke fasilitas kesehatan terdekat,” harap Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si, dalam Press Releasenya.

Selain itu, kepada masyarakat yang memiliki penyakit tidak menular seperti disebutkan, untuk berupaya mencegah terinfeksi Covid 19.

“dengan cara tidak keluar rumah, memakai masker bila harus keluar rumah, melakukan social distancing, sering cuci tangan dan tidak merokok,” terangnya.

Diingatkan, demi kesehatan dan keselamatan bersama, jika masyarakat harus melakukan perjalanan keluar pulau atau luar Provinsi NTB, dianjurkan untuk mempersiapkan diri dengan melengkapi surat-surat antara lain, KTP, Surat Tugas, dan Surat Keterangan Pelaku Perjalanan yang dikeluarkan oleh pelayanan kesehatan pemeriksaan swab atau Rapid Diagnostic Test (RDT) Covid 19.

Pelaku perjalanan wajib melakukan pemeriksaan swab atau Rapid Diagnostic Test (RDT) sebelum melakukan perjalanan. Informasi fasilitas kesehatan yang dapat melakukan pemeriksaan swab atau Rapid Diagnostic Test (RDT), dapat menghubungi Layanan Provincial Call Centre (PCC).

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article