Apakah Makarizo Termasuk Brand yang Mendukung Palestina? Ini Jawabannya!

yosuki
By yosuki
5 Min Read
Apakah Makarizo Termasuk Brand yang Mendukung Palestina? Ini Jawabannya!
Apakah Makarizo Termasuk Brand yang Mendukung Palestina? Ini Jawabannya!

jfid – Perselisihan antara Israel dan Palestina telah lama menjadi isu yang sensitif dan memicu banyak seruan untuk boikot terhadap produk-produk yang dianggap mendukung salah satu pihak.

Hal ini membuat banyak konsumen, khususnya mereka yang peduli pada isu-isu kemanusiaan, bertanya-tanya tentang posisi berbagai brand dalam konflik ini.

Salah satu brand yang sering dipertanyakan adalah Makarizo, brand kecantikan yang dikenal luas di Indonesia dan internasional.

Sejarah Makarizo: Dari Taiwan Hingga Mendunia

Makarizo pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980-an oleh seorang ahli kimia asal Taiwan yang dikenal dengan nama ‘DHT’.

Berawal dari produk pelurus rambut yang dikembangkan di rumahnya, produk ini dengan cepat menjadi sensasi di pasaran.

Nama ‘Makarizo’ sendiri diambil dari bahasa Yunani yang berarti “menerima berkat”.

Dengan semakin berkembangnya bisnis, DHT memutuskan untuk memperluas usahanya ke Indonesia, mendirikan pabrik di Pulo Gadung dan kantor penjualan di Cempaka Putih, Jakarta.

Seiring waktu, Makarizo memperluas jangkauannya dengan mengembangkan berbagai produk perawatan rambut lainnya seperti Smart Waves dan EXO untuk pengeritingan, serta produk-produk treatment dan hair care di bawah brand Makarizo Advisor.

Kesuksesan di pasar domestik mendorong Makarizo untuk menjajal pasar internasional, dengan produk-produk yang kini didistribusikan di berbagai negara termasuk Malaysia, Singapura, Timur Tengah, dan Amerika Serikat.

Pada tahun 2010, PT Akasha Wira International Tbk membeli brand Makarizo dari PT Damai Sejahtera Mulia, perusahaan lokal yang dimiliki oleh DHT.

Dengan pengelolaan baru ini, Makarizo semakin memperkuat posisinya dan pada tahun 2013 membuka kantor penjualan dan pemasaran internasional di Selangor, Malaysia.

Makarizo dan Isu Dukungan Terhadap Israel atau Palestina

Dalam konteks perselisihan Israel-Palestina, banyak konsumen yang mempertanyakan apakah Makarizo menunjukkan dukungan kepada salah satu pihak.

Seruan untuk memboikot produk yang dianggap mendukung Israel sering kali menjadi perhatian utama dalam diskusi ini.

Untuk menjawab pertanyaan ini, salah satu langkah yang dapat diambil adalah melakukan pengecekan melalui situs-situs yang mendaftar produk-produk pro-Israel atau pro-Palestina.

Salah satu situs yang menyediakan informasi mengenai produk-produk pro-Israel adalah bdnaash.com.

Dengan memasukkan kata kunci ‘Makarizo’ pada laman cek produk pro-Israel di situs tersebut, hasil yang muncul adalah “No record found on this brand”.

Hal ini mengindikasikan bahwa Makarizo bukanlah brand yang secara eksplisit mendukung Israel.

Share This Article