7 Tips Persiapan Ramadhan untuk Ibu Rumah Tangga yang Bikin Puasa Makin Semangat!

Noer Huda
5 Min Read
7 Tips Persiapan Ramadhan untuk Ibu Rumah Tangga yang Bikin Puasa Makin Semangat!
7 Tips Persiapan Ramadhan untuk Ibu Rumah Tangga yang Bikin Puasa Makin Semangat!

jfid – Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Bagi ibu-ibu rumah tangga, bulan suci ini tentu menjadi tantangan tersendiri.

Bagaimana tidak, mereka harus mengurus rumah, suami, anak, dan juga menjalankan ibadah puasa dengan baik. Tidak jarang, ibu-ibu rumah tangga merasa lelah, stres, atau kurang semangat menjalani Ramadhan.

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga untuk mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan.

Tips ini diharapkan bisa membantu ibu-ibu rumah tangga untuk tetap sehat, aktif, dan produktif selama berpuasa. Apa saja tipsnya? Berikut ulasannya:

Mendekatkan diri pada Allah

Ini adalah hal yang paling penting dan utama. Sebelum Ramadhan datang, ibu-ibu rumah tangga harus memperkuat iman dan taqwa mereka dengan memperbanyak ibadah, seperti shalat, dzikir, doa, membaca Al-Qur’an, dan lain-lain.

Dengan begitu, mereka akan merasakan kedekatan dengan Allah dan mendapatkan ketenangan hati.

Memperdalam ilmu agama

Selain ibadah, ibu-ibu rumah tangga juga harus memperdalam ilmu dan pengetahuan tentang agama. Mereka bisa belajar tentang hukum-hukum puasa, tata cara shalat tarawih, kisah-kisah para nabi, dan sebagainya.

Dengan ilmu yang bertambah, ibu-ibu rumah tangga akan lebih mudah mengamalkan ajaran agama dan menghindari kesalahan-kesalahan yang bisa mengurangi pahala puasa.

Melunasi hutang puasa tahun lalu

Jika ibu-ibu rumah tangga masih memiliki hutang puasa tahun lalu, sebaiknya segera dilunasi sebelum Ramadhan tiba.

Jangan sampai menunda-nunda atau melupakan hutang puasa, karena ini bisa menjadi dosa dan mengurangi keberkahan Ramadhan.

Jika memungkinkan, ibu-ibu rumah tangga juga bisa berpuasa sunnah, seperti puasa Senin-Kamis, puasa Ayyamul Bidh, atau puasa Sya’ban, untuk melatih diri dan mendapatkan pahala tambahan.

Membuat rencana menu sahur dan berbuka puasa

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email faktual2015@gmail.com

Share This Article