Berwisata ke Surga Tersembunyi, Pantai Elak-Elak Sekotong

Rasyiqi
By Rasyiqi
7 Min Read
Pesona Pantai Elak-Elak di Lombok Tengah (Foto: Redaksi)
Pesona Pantai Elak-Elak di Lombok Tengah (Foto: Redaksi)

Lombok Barat, jurnalfaktual.id – Kata siapa Pulau Dewata Bali tidak sebanding dengan Pulau Lombok. Pulau Lombok dengan sejuta eksotisme pantainya, kepopuleran wisatanya sudah go Internasional, dan kita tidak memungkiri pulau Lombok pariwisatanya meningkat seperti Pulau Dewata Bali.

Pantai yang eksotis di Pulau Lombok bagian Selatan sungguh banyak, mengundang decak kagum wisatawan yang mengunjunginya. Pantai Elak-Elak Salah satu objek wisata pantai di Pulau Lombok yang belum banyak di jelajahi oleh para wisatawan, yang layak untuk di jadikan destinasi wisata jika ingin berlibur di Pulau seribu masjid ini.

Pesona keindahan pantai elak-elak yang menakjubkan memberikan sensai tersendiri ketika kita menginjakkan kaki kita di Pantai yang berlokasi di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat ini.

Pantai laut lepas, tenang dan begitu mempesona ini terletak di wilayah Pengawisan, Desa Sekotong Barat , Kec. Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, NTB, merupakan daerah wisata terkenal yang masih asri keindahan alamnya.

Traveling ke Pantai Elak- Elak jika di tempuh dari Kota Mataram, menghabiskan waktu 1/2 jam perjalanan dengan mobil atau motor, sedangkan jika ditempuh melalu Bandara Internasional Lombok menggunakan motor atau mobil, maka sekitar 3/4 jam jarak tempuh.

Akses ke lokasi cukup mudah dan nyaman, karena kondisi jalan utama menuju lokasi sudah diaspal, layaknya pantai di kawasan Sekotong lainnya, dan jauh dari kata macet jalanan, pengguna jalan masih sepi, dengan pemandangan sepanjang perjalanan yang hijau dengan menyisir pantai.

Pantai Elak-Elak memiliki berbagai keindahan serta pesona alam yang sangat indah nan eksotis, Karakter pasir putih seperti Kristal yang khas, dan berpadunya dengan air laut yang biru nan jernih membuat decak kagum melihatnya, di balur dengan semilir dan sejuknya angin pantai dan di disambut dengan deburan ombak yang berkejaran memberikan harmoni alam yang begitu mengagumkan seperti untaian melodi suara alam menemani dalam ketenangan.

Sepanjang bibir pantai terdapat pepohonan tumbuh berderetan yang menambah teduhnya suasana, sungguh perpaduan yang membuat anda akan betah berlama lama di pantai ini.

Pantai Elak-Elak juga memiliki keindahan alam bawah laut yang tak kalah menakjubkan, kita bisa snorkeling memanjakan tubuh dan mata dengan keindahan terumbu karang dan ikan yang begitu cantik sungguh perpaduan yang memikat dan mempesona.

Pantai elak elak juga cocok di jadikan referensi berlibur bersama keluarga karena keteduhan dan rindang pohon yang berderet memberikan kesejukan, kita bisa menikmati liburan bersama keluarga berkumpul dan bercanda ria di pantai nya yang bersih dan untaian pasir putih yg halus nan bersih.

Pantai Elak-elak memiliki karakter pantai dan laut yang tenang, tidak ada gelombang tinggi pada kondisi normal.

“airnya tergolong tenang walaupun ombaknya bisa dipakai untuk selancar, maksud saya tidak terlalu besar ombaknya, fleksibel begitu,” tandas Saparwadi.

Wisatawan dapat sekehendaknya swimming di pantai sepuasnya, wisatawan juga bisa memakai pantai ini untuk lokasi perkemahan.

“sambil jemuran di atas pasir pantai, pantai ini bersih, sampah yang bisa mengganggu ekosistem pantai tidak ada, sebab lokasinya masih alami,” cetus Saparwadi.

Pantai Elak-Elak memiliki pemandangan bawah lautnya yang memukau, sehingga sangat cocok untuk dijadikan spot snorkling atau diving.

Jenis ikan karang dan ikan-ikan unik lainnya berenang dengan bebas di kawasan ini, sebuah perpaduan pemandangan bawah laut yang indah,untuk itu anda jangan melewatkan pemandangan bawah lautnya dan pastikan bahwa anda membawa atau menyewa alat snorkling dan diving.

“kami fasilitasi alat menyelam, bisa di sewa seperti alat snorkeling, dan diving, juga papan selancar, untuk kenyamanan wisatawan, di dalamnya wisatawan akan di manjakan matanya dengan keindahan karang dan ikan-ikan karang” sebut Saparwadi.

Pantai Elak-Elak memiliki keunikan yang jarang ditemui di pantai lainnya, pulau karang menjadi pembeda, berdekatan dengan bibir pantai. Pulau karang yg tumbuh dan menjulang kepermukaan dan di pulau ini di kelilingi oleh tumbuhan rimbunnya pepohonan.

Pulau karang ini sering dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara tidak perlu memakai atau menggunakan perahu ke pulau karang ini, kita cukup berjalan kaki terutama di saat air laut mulai surut.

Pantai elak elak sangat cocok sebagai spot selfy yang unik karena Pantai ini, jika di kelilingi memakan waktu sekitar 10 (sepuluh) menit.

Menurut keterangan pemuda setempat, Pantai ini merupakan pantai yang sangat menarik untuk melepas penat ketika hari libur, akan tetapi masih minim pengelolaan dari Pemerintah.

“pantai ini memiliki keunikan tersendiri, daya tarik tersendiri, khususnya di Lombok Barat, namun perlu perhatian lebih dari pemerintah terkait dengan pengelolaan dan manajemennya” tandas Saparwadi, Ketua Pemuda Kec. Sekotong.

Pengelolaan yang baik dan manajemen yang bagus setidaknya akan bermanfaat bagi pemberdayaan masyarakat sekitar.

“kalau di maksimalkan, maka saya yakin objek wisata nan eksotis ini akan menghasilkan pundi-pundi ekonomi, peran masyarakat akan maksimal dan wisata ini akan menjadi destinasi pariwisata Lombok Barat yang berkelanjutan” tandas Afank, Sebutan akrab Saparwadi.

Menurut informasi dari Saparwadi, pengunjung di Destinasi wisata pantai Elak-elak ini tergolong besar, apalagi pada hari-hari besar dan libur.

“kalau hari-hari biasa, pengunjung sampai 50-60 orang setiap hari, akan tetapi kalau hari-hari libur dan hari besar, tembus sampai 200 an orang” cetusnya.

Sektor pariwisata sudah saat nya memenuhi ruang publik penghasilan ekonomi jika di kelola dengan baik, sudah saatnya Lombok Barat menjadi ikon destinasi pariwisata yang dilirik mancanegara sebagai alternatif peningkatan penghasilan masyarakat di luar profesi kesehariannya.

“sektor wisata jika dikelola dengan baik, akan menghasilkan komoditas yang sangat bermanfaat bagi peningkatan pendapatan masyarakat,” sebut Afank.

Laporan: Muh Rizwan

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article