Tumpukan Sampah Hiasi Titik Kota Bangkalan Pasca Warga Segel TPA di Buluh

Syahril Abdillah
1 Min Read

Jf. ID- Tumpukan sampah di sejumlah Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sepanjang Kota Bangkalan, Madura, Jawa Timur terus menumpuk hingga hari ini, Senin (24/02/2020).

Hal itu buntut dari penyegelan warga terhadap pintu masuk TPA di Desa Buluh Kecamatan Socah sejak Jumat (21/02/2020) lalu.

Meski upaya mediasi terus dilakukan, namun belum membuahkan hasil. Kini, sampah kian berserakan di sejumlah TPS. Sementara, beberapa arrmada truk yang biasa mengangkut sampah saat ini menjadi tandon di Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Melihat kondisi itu, Wakil Bupati Bangkalan Drs Mohni menyampaikan, hingga saat ini Pemkab tengah mencari solusi atas permasalahan tersebut. “Jadi karena TPA ditutup, maka kami akan simpan di truk sementara,” katanya.

Mohni mengatakan, pihaknya tengah melakukan negosiasi dengan pemilik lahan untuk dijadikan TPA baru. Sebab, masyarakat Desa Buluh enggan untuk membuka satu-satunya TPA milik Pemkab.

“Kalau warga Desa Buluh masih membuka pintu, kami akan negosiasi lagi, akan kami lakukan perbaikan, mulai dari pengolahan dan akan memberi jaminan kesehatan bagi warga sekitar,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hadari enggan memberikan komentar, Bahkan pihaknya kerap menghindari awak media. “No komen,” imbuhnya singkat.

Laporan: Syahril

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article