Resmi, BPD Sapeken Berhentikan 11 Panitia Pilkades

Rasyiqi
By Rasyiqi
2 Min Read
Foto tengah, Edi Susanto ketua BPD saat rapat
Foto tengah, Edi Susanto ketua BPD saat rapat

jfid – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sapeken, secara resmi mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Nomor:188/ KEP/435.327.101/BPD/2021 Tentang pemberhentian panitia pemilihan kepala desa Sapeken, kecamatan Sapeken. Jum’at (11/6/2021).

Edi Susanto, ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sapeken, saat dihubungi jurnalfaktual.id,  membenarkan terkait pemberhentian 11 panitia pilkades Sapeken.

“Panitia pilkades Sapeken, bukan dibubarkan tapi diberhentikan. Itu sesuai Perbup pasal 16 ayat 3 huruf C, yang isinya melanggar tugas dan kewajiban sebagaimana diatur dalam peraturan bupati,” tegas Edi Susanto, ketua BPD Sapeken. Jum’at malam (11/6/2021).

Edi Susanto, ketua BPD Sapeken menjelaskan alasannya melakukan pemberhentian pada 11 panitia pilkades.

“Sikap yang dilakukan BPD sesuai dengan perbup yang berlaku. Karena panitia seringkali melempar isu-isu liar tentang verifikasi calon dan menjadikan gejolak sosial,” jelas Edi Susanto.

Suraini, eks ketua panitia Pilkades Sapeken saat dihubungi terkait pemberhentian 11 panitia. Pihaknya masih belum menanggapi. Namun, sebelum kabar pemberhentian panitia bergulir, Suraini menyebut, jika panitia tidak melempar isu di media massa.

“Panitia desa tidak pernah mengumumkan secara ilegal di media massa. Dan Panitia sudah sesuai dengan tahapan penjaringan, penelitian, dan verifikasi,” ujar Suraini, ketua panitia Pilkades Sapeken. Jum,at  pagi (11/6/2021). Dikutip dari jurnalfaktual.id.

Dilain hal, Ahmad Azizi, pembina posko pengaduan pilkades serentak 2021 kabupaten Sumenep. Apresiasi langkah tegas yang dilakukan BPD Sapeken.

“BPD memang seharusnya menjalankan kewenangannya secara tegak lurus. Agar ini menjadi pembelajaran yang baik bagi panitia pilkades desa lainnya. Untuk menjaga keberlanjutan tahapan pelaksanaan Pilkades, maka BPD Sapeken untuk segera bentuk panitia baru, karena jadwalnya tidak bisa ditunda ,” tutup Ahmad Azizi. (DN).

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article