Rekam Jejak Gufron Efendi Pimpin Desa Gadu Timur

Deni Puja Pranata
2 Min Read
Gufron Efendi, Kepala Desa Gadu Timur
Gufron Efendi, Kepala Desa Gadu Timur

jfid – Gufron Efendi, selama jabat Kepala desa (Kades) Gadu Timur, kecamatan Ganding, kabupaten Sumenep. Miliki rekam jejak yang menciptakan desa tumbuh dengan ekonomi kreatif.

Desa Gadu Timur kini menjadi desa yang memiliki potensi destinasi wisata yang dilirik banyak wisatawan. Desa yang mulanya sepi, kini mulai dikunjungi para wisatawan lokal, yang baru mengetahui potensi keindahan alam desa Gadu Timur.

Wisata Teras Langit, di desa Gadu Timur

Peran Gufron Efendi dalam menggali potensi wisata desa, tak main-main. Dirinya memiliki keseriusan untuk menjadikan desanya sebagai central wisata di kabupaten Sumenep.

“Saya kira, tak ada desa se indah Desa Gadu Timur. Keindahan di desa ini tercipta secara alami, namun, tidak pernah di ekplorasi ke publik,” terang Gufron Efendi. Selasa (10/2/2021).

Dilain hal, Gufron Efendi mendorong para pemuda desa untuk berkreasi dalam menghidupkan ekonomi desa. Sebagai contoh, Habibi (27) salah satu pemuda desa yang termotifasi Gufron Efendi dengan berbisnis ternak ayam petelur.

“Saya coba beternak ayam petelur, cuma 500 ekor. Tidak punya modal banyak, hanya modal nekat, karena dimotifasi pak kades,” terang Habibi. Pemuda desa yang merintis bisnis ayam petelur.

Kandang ayam petelur, milik Habibi, pemuda desa Gadu Timur

Gufron Efendi, memiliki komitmen serius dalam membangun desa, sehingga dirinya diminta masyarakat untuk kembali mencalonkan diri sebagai kepala desa dan memimpin desa Gadu Timur.

Sudahri, menceritakan jika desa Gadu Timur adalah desa paling aman se kecamatan Ganding. Sejak kepemimpinan Gufron Efendi, tak pernah ada maling, hanya baru satu kali, menjelang pemilihan kepala desa, ada pencurian sapi.

“Desa Gadu Timur, desa paling aman se kecamatan Ganding. Di desa Gadu Timur, bantuan-bantuan ke masyarakat miskin, sampai dan tidak ada pemotongan. Masyarakat makmur,” terang Sudahri.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article