Polda Sumut Menggelar Pemusnahan Narkotika

Syahril Abdillah
2 Min Read

Medan, Jurnalfaktual.id – Hasil kerja keras Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut dalam periode bulan Juli hingga November 2019. Total barang bukti yang dimusnahkan di halaman kantor Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut, Senin sore (25/11/19).

Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Agus Andrianto, SH.,MH memusnahkan ratusan kilogram narkotika berbagai jenis. Narkotika tersebut merupakan barang bukti , di antaranya sabu-sabu sebanyak 161,5 kg, ekstasi sebanyak 3.907 butir dan ganja 146,7 kg.

Sabu dimusnahkan dengan cara direbus, sedangkan ganja dimusnahkan dengan cara dibakar. “Barangg bukti narkoba disita dari 72 orang tersangka. Satu di antaranya meninggal dunia,” jelas Irjen Pol Agus Andrianto, SH, MH.

Pemusnahan barang bukti dilakukan setelah terlebih dahulu diteliti kebenarannya oleh Staf Labfor Cabang Medan, selanjutnya untuk barang bukti berupa sabu dan Pil Ecstasy dimasukkan ke dalam air panas yang sudah mendidih / dicampur dan diaduk sampai merata.

Selanjutnya untuk barang bukti ganja dilakukan dengan cara membakar, pemusnahan barang bukti ini disaksikan oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto,SH,MH.

Selain itu turut hadir Ditresnarkoba Polda Sumut Kombes Pol Hendri Marpaung, Para Pejabat Utama yang mewakili dari Kejaksaan Negeri Sumut, Pengadilan Negeri Medan, Balai Besar POM Medan, BNN Provinsi Sumut, Penasehat Hukum dan turut disaksikan oleh para tersangka kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pemusnahan.

Lebih lanjut dikatakan Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto, para tersangka melanggar Pasal 114 Ayat (2) dan atau Pasal 112 Ayat (2) Jo. Pasal 132 Ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dengan ancaman hukuman Pidana mati.

Kemudian pidana penjara seumur hidup atau paling singkat penjara 6 (enam) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp. 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) dan paling banyak Rp 10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah). (Juliver L)

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article