Perkuat Edukasi Melalui Posyandu Keluarga untuk Tingkatkan Program Bangga Kencana 2021

Lalu Nursaid
3 Min Read
Foto : Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. saat membuka Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Banggakencana) tahun 2021. Bertempat di Aula BKKBN NTB
Foto : Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. saat membuka Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Banggakencana) tahun 2021. Bertempat di Aula BKKBN NTB

jfid – Kunci menyelesaikan permasalahan pengendalian penduduk dan penyelenggaraan keluarga berencana yang menjadi tugas pokok Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional di Provinsi NTB ada pada edukasi.

Edukasi yang massif terkait hal tersebut, dapat diselenggarakan melalui Posyandu Keluarga yang ada hampir di seluruh dusun dari Apenan hingga Sape.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. saat membuka Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Banggakencana) tahun 2021. Bertempat di Aula BKKBN NTB, Rabu 7 April 2021.

Dalam agenda RAKERDA tersebut, mengangkat tema besar “Meningkatkan upaya dan strategi dalam Rangka Percepatan Implementasi Program Bangga Kencana Melalui Lintas Sektro di Masa Pandemi Covid-19”. Rakerda tersebut dihadiri secara daring oleh 312 orang ASN BKKBN, Pemprov dan Pemda se-NTB, organisasi masyarakat dan mitra kerja.

Menurut Ummi Rohmi, sapaan akrab Wagub, ke depan semua Posyandu di NTB menjadi Posyandu Keluarga yang melayani warga dusun dan tidak hanya bayi dan ibu hamil. Melainkan ibu-ibu usia produktif, remaja, hingga lansia terlayani disertai edukasi. Sehingga berbagai program BKKBN seperti menurunkan angka pernikahan anak, angka stunting, dan lain sebagainya dapat diedukasikan melalui Posyandu Keluarga.

“Agar masyarakat menjalankan program karena paham bukan karna dipaksa pemerintah,” tegas Wagub.

Menurut Ummi Rohmi, perkembangan Revitalisasi Posyandu atau proses meningkatkan status posyandu biasa menjadi Posyandu Keluarga di NTB semakin membaik dari waktu ke waktu. Respon dari Kabupaten dan Kota se-NTB sudah semakin baik. Di Kabupaten Sumbawa misalnya sudah hampir mencapai target 100% Posyandu Keluarga. Begitu juga di Kabupaten-kabupaten yang ada di Lombok. Kabupaten Lombok Timur sendiri menargerkan 100% Posyandu Keluarga di Bulan Mei mendatang.

Untuk mensukseskan program Revitalisasi Posyandu, ditambahkan Ummi Rohmi, dapat diwujudkan dengan komitmen yang kuat dari setiap Desa setempat. Jika semua Posyandu Keluarga telah kuat, maka berbagai edukasi di tingkat dusun bisa berjalan dengan sukses termasuk program Banggakencana dari BKKBN.

Sementara itu, Drs. Sama’an, M.SI selaku PLT. Kepala Perwakilan BKKBN NTB dalam kesempatan tersebut menjelaskan Rencana strategis BKKBN NTB di tahun 2021 mendatang. BKKBN NTB menragetkan capaian Banggakencana di antaranya, menurunkan angka kelahiran total menjadi 2,23 dan angka kelahiran remaja 36 perwanita subur pada usia15-19. Meningkatkan usia perkawinan perempuan menjadi 21 tahun serta indeks pembangunan keluarga menjadi 52,43 %.

“Kita juga menargetkan angka pemakaian kontrasepsi modern menjadi 56, 5 %, menurunkan kebutuhan berkontrasepsi yang tidak diinginkan menjadi 14,48%,” jelasnya.

Di akhir laporannya Sama’an berharap, dengan kondisi pandemi yang tengah melanda dan berpengaruh pada jalannya program BKKBN dapat dibenahi bersama. Seluruh pihak termasuk Media harus bekerjasama mensukseskan program tersebut.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article