Peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, Pemerintah Kecamatan Alas Bersihkan Sampah

Lalu Nursaid
3 Min Read
Foto : Pemerintah Kecamatan Alas saat membersihkan Jembatan Pelangi Alas lintas Sumbawa.
Foto : Pemerintah Kecamatan Alas saat membersihkan Jembatan Pelangi Alas lintas Sumbawa.

jfid – Dalam rangka mengenang hari lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni 2021, beberapa lembaga kepemudaan dan pemerintah di Kecamatan Alas ikut andil dalam aksi bersama mengangkat isu sampah yang masih menjadi tanggung jawab bersama.

Dalam aksi tersebut dikuti oleh Karang Taruna Alas, Karang Taruna Desa Baru, Karang Taruna Desa Luar, Karang Taruna Desa Marente, Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup, TADAR Community, Coin Foundation Jajaran Kepolisian Sektor Alas, Komandan Rayon Militer Alas, Kepala Desa Baru dan Camat Alas melakukan Aksi Bersama dengan mengangkat isu sampah dan aksi kemanusiaan yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila.

Zero Waste tersebut, dilaksanakan di jembatan pelangi Alas lintas Sumbawa karena masyarakat sangat rentan membuang sampah.

“Dengan melaksanakan aksi bersih-bersih, harapannya pelaku pembuang sampah sadar akan melestarikan lingkungan hidup, dengan cara tidak membuang sampah dijembatan dan bantaran sungai, lebih-lebih disituasi pandemi Covid-19. sehingga tidak menimbulkan penyakit DBD baru bagi masyarakat,” ucap Karang Taruna Alas.

Disamping itu, Lutfi Makki, Camat Alas menegaskan, kita tunjukkan kualitas keimanan kita dengan cara menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah dijembatan maupun disungai. “Mari kita jadikan sungai sebagai destinasi yang baik dan indah, sehingga tumbuh rasa malu untuk tidak membuang sampah,” tuturnya.

Selain itu, Syafruddin Kepala Desa Baru, Ia menyampaikan himbauan kepada masyarakat Desa Baru agar tidak membuang sampah di jembatan dan sungai. “Karena sesuai dengan wujud motto Desa Baru yakni Desa Baru menuju desa yang terbaru artinya tertib, bersih, rapi dan unggul,” jelasnya.

Kepala Kepolisian Sektor Alas, AKP Djoko Rahmat Santoso Gatot, Ia menyampaikan dengan singkat, jelas dan tegas. “Peringatan, jangan buang sampah di jembatan !” tegasnya.

Semua elemen Pemerintahan, Lembaga Kepemudaan, Aparat Kepolisian dan TNI Alas bersepakat untuk menindak pelaku dengan tegas pembuang sampah dijembatan maupun dibantaran sungai.

Dilanjutkan dengan aksi kemanusiaan penggalangan dana untuk M. Iqbal Maulana yang berasal dari Desa Marente Kecamatan Alas yang saat ne menderita penyakit Jantung Bocor yang akan dirujuk ke Surabaya untuk ditangani medis.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article