Pemdes Gadu Timur Salurkan BLT DD pada 75 KPM

Rasyiqi
By Rasyiqi
3 Min Read

jfid –  Penyaluran BLT DD Gadu Timur, kecamatan Ganding, kabupaten Sumenep, Tahap Lima Bulan Mei 2021 telah dilaksanakan di Aula Balai Desa Gadu Timur pada hari Selasa (11/2/2021). Pemerintah Desa (Pemdes) menyalurkan sebanyak 75 BLT kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jumlah tersebut sesuai dengan hasil pendataan KPM yang diperoleh dari musyawarah di tingkat dusun untuk kemudian ditetapkan di tingkat desa melalui Musyawarah desa Khusus.

Adapaun penentuan penerima BLT didasarkan pada keluarga yang belum pernah menerima bantuan dari Pemerintah baik melalui PKH, BPNT, KKS, BST maupun program bansos lain. Kriteria tersebut ditetapkan agar memudahkan pendataan calon KPM agar tidak menerima bantuan ganda yang bersumber dari anggaran Pemerintah, sehingga dapat terjadi pemerataan penyaluran bantuan.

PJ Desa Gadu Timur, Dodi Hariyanto, SH, MH yang bertanggungjawab dalam penyaluran BLT DD tersebut, tetap menerapkan protokol kesehatan agar tidak terjadi klaster penyebaran covid,

“Penyaluran BLT dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti mempersiapkan tempat duduk berjarak agar tidak terjadi kerumunan, melakukan pengecekan suhu sebelum memasuki aula balai, mencuci tangan, serta mengenakan masker. Sebanyakn 75 KPM Penerima BLT DD yang dibagi menjadi dua sesi, yaitu pukul 09.00 WIB dan Pukul 10.30 WIB sebagaimana jadwal yang sudah disampaikan sebelumnya kepada calon penerima,” tukas Dodi Hariyanto, PJ Desa Gadu Timur.

Sebagai syarat penggambilan BLT, penerima diharuskan membawa syarat berupa surat pernyataan yang memuat belum pernah menerima bantuan dari Pemerintah, fotokopi KTP dan KK untuk mengecek warga yang datang adalah benar-benar KPM yang sudah ditentukan.

Masing-masing KPM menerima bantuan sejumlah Rp. 300.000,- yang bersumber dari Dana Desa. Hal tersebut sesuai dengan instruksi PMK-222 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021 yang didalamnya memuat bahwa BLT DD harus dilaksanakan selama 12 bulan.

Pemerintah Desa Gadu Timur berharap dengan adanya BLT DD ini dapat memberikan sedikit dukungan kepada warga dalam menjalani hidup di tengah Pandemi Covid-19.

Penyaluran BLT DD Gadu Timur di Aula Balai Desa, Selasa 11 Mei 2021

Turut hadir pula dalam pelaksanaan penyaluran BLT kali ini, Faruk Hanafi camat Ganding dalam rangka melakukan monitoring pelaksanaan penyaluran BLT DD Tahap Lima Tahun  2021 di desa Gadu Timur.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article