Panitia Pilkades Mangkung Tegaskan Sikap Netralitas

M. Rizwan
4 Min Read
Panitia Pilkades desa Mangkung, Kabupaten Lombok Tengah (Foto: M. Rizwan)
Panitia Pilkades desa Mangkung, Kabupaten Lombok Tengah (Foto: M. Rizwan)

Jf.id,- Panitia Pemilihan Kepala Desa Mangkung, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah tegaskan sikap netralitas dalam tahapan penerimaan Bakal Calon Kepala Desa Mangkung. Selasa, 11/02/2020.

Muhyiddin Rusnan, Ketua Panitia Pilkades Desa Mangkung saat diminta keterangannya menerangkan bahwa pendaftaran akan dilangsungkan selama tiga hari ke depan.

“pendaftran sudah terjadwal, tanggalnya mulai tanggal 11-13 Februari 2020, jadwal hari pendaftaran juga sudah di jadwalkan, itu kita ambil dari hasil tanya kesanggupan Bakal Calon, kapan dia sanggup mendaftar,” terangnya.

Pendaftaran ini akan dilakukan berdasarkan tahapan yang sudah ditetapkan serta regulasi yang sudah disepakati.

“jika syaratnya masih ada kekurangan, maka kepanitiaan akan memberikan waktu selama satu Minggu untuk memperbaiki, contoh terdapat KTP ganda, maka panitia akan terjun ke lapangan untuk melakukan verifikasi faktual,” imbuh Muhyiddin Rusnan.

Terkait dengan KTP dukungan ganda, Lalu Muazzim menambahkan bahwa dari total 11020 DPT, pihaknya akan melakukan verifikasi tersebut dengan metode dor to dor ke masyarakat.

“kami akan tanyakan langsung ke masyarakat, pilih yang mana untuk mendukung, untuk kemudian kami pastikan dukungannya ke salah satu Bakal Calon, ” sebutnya.

Berdasarkan aturan, dari total DPT 11020 Desa Mangkung maka, ditetapkan sebanyak 12 % dukungan dari total DPT tersebut yakni sebanyak 1323 KTP/Bakal Calon Kepala Desa.

“dari total itu, semuanya harus dipenuhi sebab kami sudah tetapkan hal tersebut melalui rapat Pleno Daftar Pemilih Sementara (DPS) bersama seluruh Kepala Dusun dan BPD,” sebut Lalu Muazzim.

Lalu Muazzim melanjutkan bawa pihaknya sudah mempersiapkan segala hal, sebab menurutnya perkara Pemilihan Kepala Desa bukanlah perkara sepele.

“tentu banyak hal yang harus kami matangkan dari persiapan yang sudah ada, terlebih Pemilihan Kepala Desa di Mangkung menjadi hal yang istimewa melihat geliat masyarakat yang sangat antusias menyambut pesta demokrasi tersebut,” tandas Lalu Muazzim.

Antusiasme tinggi masyarakat menurut Lalu Muazzim menjadi refrensi bagi pihaknya untuk lebih teliti, transparan dan netral dalam setiap tahapan yang dilalui dalam Pemilihan Kepala Desa Mendatang.

“dari tahapan awal sampai tahapan penetapan calon terpilih, kami kepanitiaan akan tetap konsisten dengan prinsip dan sikap netralitas, teliti dan transparan,” lanjut Lalu Muazzim.

Panitia berharap dalam Pemilihan Kepala Desa pada Bulan April mendatang, agar berjalan tertib, damai dan berasaskan kekeluargaan.

“harapan kami tentu pesta Demokrasi tingkat Desa ini berjalan dengan baik dan lancar, tidak ada yang lain, ” sebut Lalu Muazzim.

Terpisah, PLT Kepala Desa Mangkung, Lalu Sadirun Haris memberikan tanggapan di hari pertama pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa Mangkung yang memadati Kantor Desa.

“saya melihat ini sebagai antusiasiasme masyarakat, masalah kewenangan, kami di Pemerintah Desa menyerahkan ke panitia semua, semuanya berdasarkan kewenangan panitia,” sebutnya.

Lalu Sadirun Haris menerangkan bahwa posisi Pemerintah Desa berada di balik layar dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Desa yang dijadwalkan terlaksana pada bulan April mendatang.

“behind the scan, dengan anggaran pemilihan ditanggung oleh Pemerintah Desa, kami hanya memfasilitasi, selebihnya diatur oleh Kepanitiaan,” tutup Lalu Sadirun Haris.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article