PAD DPM-PTSP Bangkalan Tahun Ini ditarget Rp 1 Miliar

Syahril Abdillah
2 Min Read

JFID- Tahun ini, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu ( DPM-PTSP) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur Tahun 2020 mencapai Rp 1 Miliar (M).

Kenaikan target PAD itu dibenarkan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bangkalan, Ismet Efendi. “Ya benar itu. Target PAD DPM-PTSP untuk tahun ini memang dinaikkan,”kata dia. Rabu (29/04/2020).

Meski target PAD nya naik, namun angka penmabahan hanya Rp 200 juta jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Saya yakin DPM-PTSP mampu penuhi target itu,” ujarnya.

Menurut Ismed, dasar penambahan target itu adalah pemasukan diantaranya dari proses pertumbuhan dan perkembangan usaha di Kabupaten Bangkalan pasca beroperasinya Jembatan Suramadu, dari tahun ke tahun terus meningkat.

“Utamanya sektor bisnis properti, restoran, cafe, rumah kos, bahkan losmen dan perhotelan,” terangnya.

“Itu jelas menjadi sumber pemasukan PAD bagi DPM-PTSP. Terutama dari pengajuan izin mendirikan bangunan (IMB) dari para investor, dipastikan akan membludak ke depan,” imbuhnya.

Menanggapi kenaikan PAD itu, Kepala DPM- PTSP melalui Kabid Perizinan, Ery Yadi Santoso menegaskan, kebijakan itu merupakan hal yang logis dan wajar.

“Itu sebabnya, seperti tahun-tahun sebelumnya, DPM-PTSP selalu berhasil memenuhi target pemasukan PAD, meski nominalnya terus didongkrak naik,” ungkapnya.

Tiga tahun terakhir sambung dia, pemasukan PAD dari sektor IMB yang digalang DPM-PTSP, menurut Erick, sapaan akrab Ery Yadi Santoso, memang selalu over target.

“Alhamdulillah, pada akhir Desember 2019 lalu, capaian PAD yang kami galang dari
sektor IMB juga over target `104 persen,” sebut Erick.

Meski begitu, DPM-PTSP menurut Erick, optimis beban target itu akan terpenuhi. Bahkan bukan tidak mungkin akan kembali over target seperti sebelumnya.

“Insya Allah, meski sempat digoyang pandemi corona, DPM-PTSP tahun ini juga akan mampu memenuhi target,” pungkasnya.

Laporan: Syahril

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article