Pemerintah! Tolong Cek Fakta Nasib Guru Honorer, Karyawan Swasta dan Bansos

Rasyiqi
By Rasyiqi
3 Min Read

jfID – Dampak Corona Virus Deseas 2019 (Covid 19), saya membaca dan mengkaji alur gerakan Pemerintah di Bumi Gora NTB. Pemerintah lupa terhadap person yang sangat berjasa dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Pendidikan, yakni Guru Honorer.

Perlu diketahui, mereka (red. Guru Honorer) hanya mempunyai pekerjaan disitu dan merasakan langsung dampaknya, mereka bertani seadanya. Di pertanian, saat panen mereka dikecewakan karena harga daya jual hasil panen (jagung, atau padi) melorot drastis.

Ketika Guru Honorer dirumahkan, sayang sekali jika gajinya mereka mandek, gara-gara mereka tidak masuk mengajar, apalagi mau diberikan tunjangan saat dirumahkan.

Pesangon di dalam kantongnya saja nihil, lalu apa solusi Pemerintah terhadap keberadaan Guru Honorer ini?

Disektor lain, menanti para sahabat dan saudara kita di bidang Swasta, entah itu bidang Pariwisata, Perhotelan dan lainnya yang bergerak untuk membangun perekonomian di Bumi Gora NTB. Sayang sekali, tidak ada perhatian sama sekali dari Pemerintah, semestinya Pemerintah sampai detik ini sudah memberikan solusi lebih awal sebelum meluncurkan Surat Edaran kepada instansi terkait, baik di dunia Pendidikan, Pariwisata, dan Pekerja Swasta lainnya.

Pemerintah baik Pemerintah Provinsi, Kabupaten atau Kota paling tidak memberikan bantuan berupa Bantuan Sosial (Bansos) atau apapun itu jenisnya, biar mereka juga merasa disayangi dan diperhatikan oleh Pemerintah, karena saat ini semua dari diri kita merasakan dahsyatnya dampak Covid 19.

Kita tentu tidak terus berharap kepada Bantuan Sosial (Bansos). Ambil saja sampel, dari beberapa Desa yang pernah diteliti, banyak yang ricuh gara-gara Bansos, tentu kita tidak mengharapkan seorang yang berjasa dalam pembangunan SDM dan pembangunan ekonomi di NTB ricuh.

Selain itu, Bantuan dari Desa (BLT DD) juga jauh dari kata maksimal, masker saja masyarakat masih ada yang belum mendapatkannya, ember yang disediakan untuk mencuci tangan beserta sabun sudah berakhir dan hanya berjalan satu Minggu.

Keadaan yang sangat lucu, Saat ini ember yang diperuntukkan untuk mencuci tangan sudah kering, kosong tidak terisi, Handsanitazer dan sabun tidak ada.

Sekarang, mari kita bersama cek fakta di lapangan, silahkan Pemerintah turun untuk mengecek ke masyarakat, biar Pemerintah tidak terkesan saling lempar bola serta masyarakat bisa memahaminya mana yang berhak dan tidak untuk menerima Bansos.

M. Yakub, S.HI, M.E,. Akademisi sekaligus Ketua Lembaga Kajian Pemuda Rakyat (KAPER) NTB.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article