Mi6 nilai Harga Masker standar Medis Masih Mahal, Pemerintah Perlu Tetapkan HET

Lalu Nursaid
3 Min Read
Foto : Direktur Mi6, Bambang Mei Finarwanto, SH
Foto : Direktur Mi6, Bambang Mei Finarwanto, SH

jfid – Mi6 menilai harga masker standar medis untuk mencegah penyebaran covid 19 masih cukup mahal. Rata-rata harga ecerannya 2 ribu per biji. Padahal Masker Medis tsb sangat dibutuhkan oleh masyarakat guna mencegah penularan covid 19.

“Untuk itu Pemerintah/ Pemda NTB perlu membuat regulasi yang mengatur HET harga masker medis agar tidak mahal dan terjangkau oleh masyarakat, khususnya warga miskin,” kata Direktur Mi6, Bambang Mei Finarwanto, SH, Rabu, 9 Juni 2021.

Pria yg akrab disapa didu mengatakan berdasarkan pantauan Mi6 dibeberapa apotik, mini market maupun toserba, harga satuan masker medis yg berisi 5 pcs rentang harganya antara 9,9 ribu s.d 12 ribu tergantung merk dan jenisnya.

“Padahal efektifitas pemakaian masker medis hanya bisa dipakai beberapa jam , setelah itu tidak efektif lagi sebagai filter pencegah covid 19,” ujar Didu.

Didu melanjutkan, ditengah beratnya beban ekonomi masyarakat akibat pandemi covid 19 ini selayaknya Pemerintah// Pemda segera bertindak mengatasi harga masker agar masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan dengan benar.

“Harga Masker yg murah dan terjangkau akan membuat masyarakat nyaman dan makin patuh mentaati protokol kesehatan,” imbuhnya.

Didu menambahkan, menjelang dibukanya sekolah tatap muka pada jJuli mendatang , maka kebutuhan pemakaian masker standar medis untuk siswa ataupun pelajar akan meningkat sesuai protokol kesehatan .

“Itu artinya pengeluaran rumah tangga domestik harian, itemnyapun bertambah yakni ketersediaan adanya masker untuk para siswa/ pelajar tersebut,” ujar Didu seraya menambahkan beban pengeluaran orang tua siswa akan meningkat pula.

Untuk itu, Mi6 menghimbau ditengah upaya pemerintah mengatasi dampak pandemi covid 19 hendaknya pengusaha alat kesehatan memiliki sense of crisis dan empati terhadap permasalahan harga masker medis yang sangat dibutuhkan warga masyarakat untuk body protektor dari covid 19.

“Idealnya harga masker medis 500 – 1000 per pcs. Syukur-syukur Pemda di NTB bisa kasih subsidi agar makin murah meriah,” tukas pria yang juga mantan Direktur Walhi NTB dua periode ini.

*Ikuti jfid di Google News, Klik Disini.
*Segala sanggahan, kritik, saran dan koreksi atau punya opini sendiri?, kirim ke email [email protected]

Share This Article